Sterling Belum Mampu Atasi Dollar AS

1532

Pergerakan kurs GBPUSD malam ini masih berlangsung. Dari sisi Poundsterling, nampaknya belum ada lagi penopang yang dapat menguatkan kurs Inggris ini untuk dapat mengatasi dollar AS.

Dari data indikator ekonomi hari ini untuk Poundsterling, dirilis data Construction Output (YoY) September, dimana hasilnya adalah terjadi penurunan yaitu pada level negatif -1,6%, menurun dari hasil bulan sebelumnya pada -1,3%, bahkan jauh dari ekspektasi para ekonom pada level -0,3%.

Pada penutupan pasar forex dinihari tadi, maka GBPUSD ditutup menguat 0,14% pada 1.5230. Kekalahan dollar AS akibat aksi profit taking investor, bukan karena penguatan data fundamental poundsterling.

Keyakinan kenaikan suku bunga AS yang semakin meningkat, membuat dollar AS menguat mangatasi sekeranjang mata uang dunia lainnya.

Malam ini masih akan ada data indikator ekonomi AS yang akan dirilis, yaitu Retail Sales (MoM) Oktober, dimana berdasarkan hasil survey ekonom akan meningkat pada level 0,35 dibandingkan hasil sebelumnya pada 0,1%.

Terpantau saat ini kurs GBPUSD bergerak dalam pelemahan, turun -0,09% pada 1.5220, masih turun tipis. Namun dollar AS masih memiliki kekuatan dengan perkiraan meningkatnya data Retail Sales.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan kurs GBPUSD akan bergerak melemah terbatas merespon hasil data Retail Sales AS malam ini. Diperkirakan kurs akan bergerak dalam kisaran Support 1.5194-1.5162 dan kisaran Resistance 1.5242-1.5274.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here