Bisnis Mobil Baru Eropa Terburuk Dalam 5 Bulan

294

Meski bisnis penjualan mobil baru di Eropa meningkat selama 26 bulan berturut pada bulan Oktober lalu namun pertumbuhan penjualan mobil baru di pasar Eropa pada bulan tersebut paling rendah dalam lima bulan terakhir. Perkembangan diatas sesuai laporan Asosiasi Produsen Mobil di Eropa (ACEA) hari ini yang melaporkan penurunan terjadi pasca krisis yang dialami produsen terbesar di kawasan ini yaitu Volkswagen AG selain lemahnya  penjualan di lima pasar besar.

ACEA mencatat penjualan mobil di Uni Eropa naik 2,9% pada bulan Oktober menjadi 1,1 juta kendaraan sedang bulan September meningkat 9,8%, yang dikontribusi oleh buruknya penjualan produsen terbesar seperti Volkswagen, PSA Peugeot Citroën, Renault SA dan General Motors Co Unit Opel / Vauxhall. Namun dilaporkan juga terjadi peningkatan pada produsen Mobil Fiat Chrysler NV  dan  Ford Motor Co ‘s .

Secara keseluruhan, penjualan mobil baru di Uni Eropa naik 8,2% menjadi 11,5 juta dalam 10 bulan pertama tahun ini. Penjualan mobil baru di lima negara besar seperti  Jerman, Inggris, Perancis, Italia dan Spanyol-melemah, namun penjualan di wilayah inti Eropa Barat tumbuh 2,5% menjadi 1,06 juta kendaraan pada bulan Oktober.

Asosiasi tersebut ungkapkan penjualan mobil   di Italia, Spanyol, Jerman dan Perancis terus tumbuh, meskipun kurang kuat dibandingkan bulan terakhir, sementara pasar mobil Inggris menurun pada bulan Oktober.

Jika dibandingkan dengan pertumbuhan 5 bulan terakhir, laju pertumbuhan pada bulan Oktober merupakan yang paling lambat sejak bulan Mei, ketika penjualan mobil baru di Uni Eropa saat itu naik 1,3%.

 

 

H Bara/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here