Saham-saham Penerbangan Menguatkan Pembukaan Indeks Shanghai

316

Mengawali perdagangan saham awal pekan di bursa Tiongkok Selasa (17/11), Indeks Shanghai dibuka lanjutkan penguatan setelah ditutup pada zona positif pada penutupan perdagangan kemarin. Indeks Shanghai dibuka naik 0,9%, dan saat ini terpantau masih lanjutkan penguatan 1,33% pada 3654.90. Penguatan Indeks Shanghai didukung kinerja positif saham-saham masakapai penerbangan.

Lihat : Bursa Tiongkok Ditutup Menguat Dengan Optimisme Ekonomi Tiongkok

Kenaikan bursa Shanghai didukung saham-saham maskapai penerbangan, seperti saham Air China, saham China Eastern Airlines dan saham China Southern Airlines meningkat antara 0,4 persen dan 0,8 persen.

Sementara itu indeks saham blue chip CSI300 Index menguat 1,1 persen, sedangkan Indeks Shenzhen juga naik 1,6 persen dengan adanya spekulasi bahwa link perdagangan saham antara bursa saham Shenzhen dan Hong Kong dapat diterapkan dalam beberapa bulan mendatang.

Berdasarkan kabar Cina Hong Kong Oriental Daily dilaporkan bahwa Ronald Leung, seorang anggota komite penasihat internasional dari China Securities Regulatory Commission (CSRC), mengisyaratkan bahwa link pasar saham tersebut kemungkinan akan diumumkan sebelum akhir tahun dan mulai beroperasi pada kuartal pertama 2016. Selain itu, pejabat Shenzhen dilaporkan mengunjungi Beijing untuk melobi pemerintah pusat untuk link perdagangan tersebut  dapat memulai secepat mungkin.

Untuk perdagangan selanjutnya, masih belum ada data indikator yang akan dirilis, namun perlu diperhatikan pergerakan harga minyak mentah dunia dan data indikator ekonomi kawasan Asia dan global lainnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan melanjutkan penguatan dengan penguatan bursa global dan meredanya ketegangan di Paris serta menguatnya harga komoditas. Indeks akan mencoba bergerak pada kisaran Resistance menembus level 3708-3762 dan jika harga terkoreksi negatif akan mencoba menembus level Support pada 3600-3532.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here