2 Lembaga Swasta Survey Ekonomi Australia Membaik

688

Pandangan RBA terhadap ekonomi Asutralia yang sedang bertumbuh sehingga tidak mengubah suku acuannya pada bulan ini dibuktikan oleh survey 2 lembaga swasta yang berbeda yaitu Conference Board dan Westpac Bank. Kedua lembaga tersebut hari ini merilis indeks ekonomi terkemuka yang menunjukkan pergerakan positif instrumen yang menopang pertumbuhan ekonomi negara tersebut.

Menurut Conference Board,  indeks ekonomi terkemuka  Australia yang terus negatif selama 7 bulan berturut berhasil berkurang  pada bulan September dengan indeks terkontraksi 0,1 persen. Sebelumnya indeks telah turun  0,4 persen pada bulan Agustus.  

Untuk indeks yang dibuat oleh Westpac Bank hari ini menunjukkan nilai yang tidak berubah untuk bulan Oktober dari bulan sebelumnya di 0,1 persen ke posisi 97,7 indeks poin. Di antara komponen individu, dukungan terbesar berasal dari belanja rumah tangga dan ekspor bersih. Dari data survey lembaga ini, PDB  Australia diharapkan akan naik  2,8 persen pada tahun 2016, lebih tinggi dari harapan 2,3 persen PDB tahun ini.

Australia Leading Economic Index

Dari  tujuh komponen yang membentuk indeks terkemuka versi Conference Board, hanya 4 komponen yang alami peningkatan selebihnya menurun dan tetap. Penurunan terjadi pada harga saham dan persetujuan bangunan.

Antara Maret dan September, indeks ekonomi terkemuka turun 0,9 persen (tingkat tahunan sekitar -1,7 persen), pembalikan dari pertumbuhan 1,4 persen ( tingkat tahunan sekitar 2,7 persen) selama enam bulan sebelumnya.

Setelah kedua hasil survey ini dirilis kondisi pelemahan kurs Aussie terhadap dollar AS sejak awal perdagangan sesi Asia tidak berubah dimana diakhir perdagangan sesi tadi pair AUDUSD turun sekitar 0,1 persen.

 

 

H Bara/VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here