Bursa Eropa Ditutup Mixed Ditengah Kekuatiran Keamanan Global

659

Bursa Eropa ditutup mixed pada penutupan perdagangan Rabu (18/11) karena kekuatiran keamanan lebih lanjut setelah serangan Paris Jumat lalu membebani kepercayaan investor.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 berakhir turun -0,14 persen, dengan sebagian besar sektor ditutup di wilayah negatif. Ketegangan yang tinggi masih terjadi di Eropa pada Rabu di tengah kekhawatiran keamanan yang lebih seputar serangan teroris Paris pada hari Jumat, di mana 129 orang tewas.

Pada Rabu pagi tujuh orang ditangkap dan setidaknya dua tersangka tewas menyusul penggerebekan polisi di pinggiran Paris Saint-Denis.

Juga pada Rabu, Air France mengatakan bahwa dua penerbangan Paristelah dialihkan karena ancaman dari orang yang tidak dikenal, dan telah mendarat dengan selamat.

Saham Air France-KLM terhuyung seluruh perdagangan, ditutup turun 0,5 persen. Saham Accor Perancis dan maskapai penerbangan Easyjet dan IAG berada di bawah tekanan selama sesi, ditutup di wilayah negatif.

Pukulan dari serangan teroris Paris itu juga dirasakan di sektor mewah di tengah kekhawatiran tentang belanja konsumen dan bagaimana ancaman keamanan dapat mempengaruhi kunjungan ke ibukota Prancis yang merupakan lokasi belanja kelas hig-end. Saham LVMH, Luxottica dan Pandora semua ditutup lebih dari 1 persen ke bawah. Namun, saham Kering, pemilik Gucci, dan Swatch selesai perdagangan sedikit naik.

Komoditas berada di bawah tekanan di awal hari karena harga bijih besi ditutup di atas level terendah tujuh tahun karena kekhawatiran permintaan baja Tiongkok dibalik kerugian untuk perdagangan yang lebih tinggi.

Saham Glencore, Anglo American dan BHP Billiton semua lebih rendah sebagai hasilnya dan setelah Investec menurunkan target harga untuk saham-saham pada hari Selasa. Namun, semua nama-nama yang merugi tersebut menyelesaikan perdagangan yang lebih tinggi, dengan kedua Anglo American dan Glencore menutup di atas 4 persen.

Saham baja Arcelor Mittal melompat 4,8 persen setelah mengatakan akan memotong hingga 450 pekerjaan dan mengurangi ekspor besi dari Liberia karena harga bijih rendah. Dan saham Antofagasta menutup hampir 6 persen setelah Goldman Sachs menaikkan prospek untuk saham dari “menjual” menjadi “netral”.

Harga minyak melonjak pada perdagangan Rabu menyusul laporan penurunan stok dan meningkatnya aktivitas kilang di Amerika Serikat, namun kekhawatiran atas pasokan kekenyangan global yang terus sampai harga ditutup. Pada penutupan, harga telah turun, dengan minyak mentah Brent di $ 43,86 per barel dan minyak mentah AS berada di $ 40,82.

Namun saham-saham perminyakan terus membukukan keuntungan kuat, dengan saham SBM Offshore ditutup naik hampir 4 persen, sedangkan saham Tullow Oil, Subsea 7, dan Statoil ditutup sampai 3 persen atau lebih tinggi.

Sementara itu saham pembuat pestisida Swiss Syngenta ditutup naik 3,3 persen setelah Presiden Monsanto mengatakan sedang mempertimbangkan mengakuisisi pesaingnya.

Saham pengecer terbesar kedua Finlandia, KESKO, mengumumkan rencana untuk membeli saingannya rantai toko Suomen Lahikauppa untuk sekitar 60 juta euro ($ 64.000.000), membuat saham perusahaan ini lebih tinggi dari 7 persen.

Saham Rolls Royce turun tajam, turun 2,2 persen setelah Investec memangkas target harga untuk saham dan memberikannya rating “menjual”.

Saham Air Liquide ditutup anjlok lebih dari 7 persen setelah setuju untuk membeli rekan US Airgas dalam kesepakatan $ 13,4 miliar.

Secara keseluruhan, indeks FTSE 100 Inggris ditutup naik 0,16% pada 6278.97, indeks DAX Jerman ditutup turun -0,10% pada 10959.95, indeks CAC Perancis ditutup turun -0,62% pada 4906.72, indeks IBEX 35 Spanyol ditutup turun -0,99% pada 10261.10.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here