Preview: Data Perumahan AS

237

Building permits AS menurun 5% menjadi 1.1 juta di bulan September, angka terendah sejak bulan Maret. Namun, “housing starts” memberikan semangat dengan para pengembang menambah kepercayaan terhadap outlook dari industri.

Data kemarin mengenai sentimen para pembangun rumah di bulan November sedikit mundur, turun dari ketinggian selama 10 tahun. Tetapi National Association of Home Builders (NAHB) yang mempublikasikan Housing Market Index (HMI) terus memberikan gambaran yang bagus untuk outlook jangka pendek.

Tiga poin turun dari angka 62 masih merefleksikan “mood” yang relatif positip bagi industri, menurut ketua NAHB. “Bahkan dengan kejatuhan pada bulan ini, builder confidence tetap berada pada angka 60 an untuk waktu 6 bulan berturut-turut – suatu tanda bahwa pasar perumahan single-family sedang membuat kemajuan jangka panjang.”

Update data pada malam hari ini mengenai konstruksi satu bulan dibelakang. Jadi data sentimen yang kuat di bulan Oktober mengandung arti “housing starts” akan tetap teguh jika tidak menguat di angka bulan lalu. Para ekonom berpikir sebaliknya.

Konsensus dari Econoday.com memperkirakan “housing starts” AS turun menjadi 1.162 juta unit di dalam laporan bulan Oktober hari ini, suatu kemunduran yang moderat dari 1.206 juta di bulan sebelumnya. Meskipun angka yang lebih kecil ini akurat, “housing starts” akan tetap dekat pada ketinggian setelah resesi.

Tantangan yang lebih besar adalah jalan kedepan dari perumahan jika tingkat suku bunga pada akhirnya berada pada jalur untuk mulai dinaikkan. Namun, outlook mengenai kenaikan tingkat bunga pada bulan depan tetap bercampur. Penjualan eceran untuk bulan Oktober pada minggu yang lalu muncul dibawah ekspektasi, sebagaimana juga update data kemarin mengenai ouput industri pada bulan yang lalu.

Dengan kejatuhan tersebut, orang-orang akan fokus memperhatikan rilis data pada malam hari ini untuk melihat apakah angka-angka perumahan memberikan angka makro yang lemah untuk ketiga kalinya.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here