Tiongkok Rencanakan Rakyatnya Makmur Pada Tahun 2020

394

Pemerintah Tiongkok menargetkan warga negaranya akan menjadi makmur pada tahun 2020 seperti yang dinyatakan Perdana Menteri RRC Li Keqiang dalam pertemuan penyusunan rencana pembangunan lima tahun negara tersebut tahun 2016-2020 yang dilakukan hari Selasa (17/11) seperti yang dikutip dari Xihua. Li Kiqiang yakin target itu akan tercapai jika rencana yang dibuat tepat sasaran dan dikerjakan.

Jika Tiongkok berhasil dalam tahap terakhir rencana lima tahun tersebut dari mewujudkan masyarakat yang cukup makmur, maka negara itu akan keluar dari jebakan pendapatan menengah yaitu negara dengan pertumbuhan ekonomi tinggi namun pendapatan masyarakat yang rendah.

Tiongkok telah menetapkan tujuan ekonomi, politik, budaya  untuk membangun masyarakat makmur pada tahun 2020, termasuk tujuan menggandakan PDB dan pendapatan per kapita.Rencana lima tahun ini  akan meningkatkan kepercayaan diri dalam pembangunan negara dan memenuhi tujuan tersebut.

Dalam pembangunan lima tahun tersebut pemerintah akan  memprioritaskan proyek-proyek besar mengenai teknologi informasi, peralatan high-end dan industri strategis baru lainnya untuk meningkatkan kekuatan keseluruhan ekonomi Tiongkok.

Selain itu Tiongkok akan membuat proyek untuk membuat internet lebih cepat dan mendorong pembangunan infrastruktur transportasi, urbanisasi, pertanian modern, pengembangan sektor energi dan perlindungan lingkungan.

 

 

 

H Bara/VMN/VBN/ Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang
image: xinhua

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here