Bursa Eropa Dibuka Positif Merespon Kenaikan Suku Bunga AS

238

Bursa Eropa pada pembukaan perdagangan saham Kamis (18/11) dibuka menguat setelah hasil risalah FOMC memperlihatkan sebagian besar anggota The Fed menyetujui rencana kenaikan suku bunga AS pada Desember ini. 

Investor di Eropa juga mencerna perkembangan terbaru pasca serangan Paris. Pada hari Rabu, serangkaian serangan fajar terkoordinasi di pinggiran Paris Saint-Denis memperlihatkan polisi membuat delapan penangkapan.

Terkait pendapatan, perusahaan katering Perancis Sodexo melaporkan kenaikan laba bersih dan pendapatan untuk tahun fiskal yang berakhir 31 Agustus, membuat saham tersebut naik lebih dari 8 persen.

Britain’s Royal Mail melaporkan pendapatan kuartal ketiga yang datar dibandingkan dengan waktu yang sama tahun lalu, tetapi terjadi sedikit peningkatan dividen . Ini sudah cukup untuk mendorong saham naik tajam.

Thyssenkrupp Jerman diperdagangkan sedikit lebih tinggi setelah kelompok industri memberikan prospek hati-hati pada tahun depan karena mengharapkan penurunan lain dalam permintaan baja di Tiongkok.

Kepala eksekutif raksasa pertambangan BHP Billiton mengatakan pada hari Kamis akan memperbarui pasar terhadap kebijakan dividen masa depan pada bulan Februari dan mengatakan akan menjaga neraca yang kuat merupakan prioritas utamanya. Komentar tersebut mengangkat saham perusahaan naik tajam. Saham lain di sektor ini termasuk Anglo American dan Glencore juga naik lebih tinggi.

Peningkatan ekspektasi kenaikan suku bunga Desember dari Fed membuat banyak perusahaann pengembang Inggris turun. Bovis Homes turun lebih dari 10 persen meskipun update perdagangan positif yang dirilis hari ini. Persimmon dan Berkeley Group turun sedikit lebih rendah.

Swiss yang juga fokus dengan ekspor jam tangan anjlok 13,2 persen secara riil pada bulan Oktober. Pembuat jam Swiss Swatch Group dan Richemont berada di bawah tekanan penurunan.

Secara keseluruhan berikut pergerakan positif bursa saham Eropa :

Indeks STOXX 600-Eropa terpantau naik 0,96% pada 382.89.

Sementara Indeks DAX Jerman, terpantau naik 1,46% pada 11120.12. 

Indeks CAC 40 Perancis, terpantau naik 0,87% pada 4949.51.

Indeks FTSE 100 Inggris, terpantau naik 1,06% pada 6345.25.

Indeks FTSE MIB Italia terpantau naik 0,77% pada 22261.97.

Indeks IBEX 35 Spanyol terpantau naik 1,26% pada 10390.50.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan melanjutkan penguatannya dengan dorongan penguatan bursa global dan juga hasil data indikator ekonomi domestik masing-masing negara anggota eurozone.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor  Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here