Preview: Risalah Pertemuan FOMC AS

1241

Di dalam keputusan the Fed bulan Oktober, nadanya secara relatif “hawkish” mengenai inflasi dan employment, tidak menyatakan sungguh-sungguh kuatir. Sebagai tambahan, mereka memberikan tanda mengenai tindakan di bulan Desember. Risalah tersebut menyatakan betapa “hawkish”nya para anggota FOMC dan betapa dekatnya kenaikan bunga pada bulan Desember. Perlu dicatat angka NFP yang luarbiasa baiknya baru-baru ini dirilis dan the Fed selalu mengedit risalahnya sampai menit terakhir sebelum dipublikasikan. Dan pasar selalu digerakkan oleh makna dari setiap kata di dalamnya.

Rilis laporan risalah dari FOMC pada Rabu malam hari (Kamis pagi dini hari) diperkirakan akan memberikan konteks yang lebih dalam mengenai bagaimana para ahli moneter berpikir dalam hal perubahan kebijakan.

Hal pertama dalam membedah risalah pada malam hari ini adalah memutuskan apakah mereka sedang membantu atau menghalangi perkiraan akan kenaikan tingkat bunga pada bulan Desember. Beralasan untuk mengasumsikan bahwa rilis laporan pada malam hari ini tidak akan menjadi kemunduran dari pemikiran bahwa bank sentral sedang bertambah menjadi lebih “hawkish”.

Itu adalah pandangan yang telah diterima secara luas belakangan ini, yang telah memberikan dukungan bagi menguatnya dolar AS. Indeks dolar AS telah naik lebih tinggi selama bulan yang lalu, mencapai sekitar 99.6 pada perdagangan tengah hari pada hari Selasa – ketinggian selama tujuh bulan. Pertanyaannya adalah apakah risalah pada malam hari ini mengurangi dorongan terhadap kenaikan dolar.

Menurut kepala dari strategi Forex Citi terhadap Reuters kemarin, “resiko yang besarnya adalah jika risalah tersebut mengandung arti bahwa banyak anggota FOMC kurang yakin terhadap kenaikan pada bulan Desember seperti yang dipikirkan oleh pasar sekarang ini, dan bisa dengan mudah digoyangkan oleh ketidakpastian pasar atau event lainnya untuk menunggu beberapa pertemuan yang lain lagi.”

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here