Bursa Wall Street Turun Tipis, Investor Masih Mencermati Indikator Kenaikan Suku Bunga

307

Bursa Saham Wall Street ditutup turun tipis pada Kamis (20/11), karena investor masih memandang beberapa berita perusahaan dan mencari indikasi lebih lanjut dari dukungan untuk kenaikan suku bunga AS pada bula Desember ini.

Pasar saham berakhir sedikit lebih rendah setelah berfluktuasi antara keuntungan dan kerugian sepanjang hari. Indeks utama berada di jalur untuk kenaikan lebih dari 2,5 persen untuk minggu ini.

Saham UnitedHealth ditutup turun 5,65 persen, menjadi pemberat terbesar pada indeks Dow Jones. Asuransi kesehatan memangkas proyeksi untuk tahun ini, menunjukkan aktivitas rendah dari perkiraan pada saham-saham perawatan kesehatan yang diatur oleh Affordable Care Act.

Saham Pfizer dan Allergan ditutup sekitar 3 persen lebih rendah yang juga membebani sektor perawatan kesehatan, menyusul laporan kedua perusahaan yang mendekati kesepakatan. Akuisisi potensial Pfizer dengan perusahaan Irlandia Allergan akan terlaksana dengan Departemen Keuangan AS mengatakan akan berusaha melakukan pembatasan lebih besar pada penawaran pajak inversi luar negeri.

Sektor perawatan kesehatan ditutup turun 1,6 persen sebagai penurunan terbesar dalam S & P 500, sementara utilitas naik sekitar 1 persen untuk memimpin. Sektor Energi adalah sektor terburuk kedua ditutup hampir 1,3 persen.

Indeks komposit Nasdaq gagal menahan kenaikan lebih tinggi, tergerus oleh penurunan hampir 1,6 persen di iShares Nasdaq Bioteknologi ETF (IBB). Saham Apple ditutup naik sekitar 1,3 persen.

Pada hari Rabu kemarin, bursa  Wall Street ditutup lebih tinggi hampir 1,5 persen atau lebih setelah hasil risalah Federal Reserve pertemuan Oktober menunjukkan sebagian besar anggota Komite Pasar Terbuka Federal berpikir kenaikan Desember akan sesuai.

Presiden Fed Atlanta, Dennis Lockhart mengatakan dia “nyaman dengan segera bergerak dari nol .” Dia mengatakan kepada wartawan setelah pidato Fed mungkin perlu mengubah kriteria untuk kemajuan inflasi setelah itu mulai menaikkan suku bunga.

Untuk data indikator ekonomi AS, klaim pengangguran awal berada pada level 271.000. Indeks Philadelphia Fed Manufacturing survei untuk November berada pada level 1,9, merupakan hasil positif pertama dalam tiga bulan.

Pedagang juga mengamati saham Square dan Match, yang mulai diperdagangkan Kamis.

Saham Square ditutup naik 45,2 persen. Sempat naik sebentar lebih dari 50 persen dalam debut perdagangannya setelah membuka harga di $ 11,20 per saham. Berakhir di $ 9 per saham dengan harga di bawah kisaran yang diharapkan.

Saham Match melonjak 22,8 persen pada hari pertama perdagangan. Berakhir $ 12 per saham dengan harga akhir rendah dari kisaran yang diharapkan.

Dalam berita pendapatan lainnya, Best Buy mengalahkan perkiraan enam sen, namun peningkatan 0,8 persen di penjualan toko yang sama hanya setengah dari ekspektasi analis. Saham ditutup turun 2,1 persen.

Dow Jones Industrial Average ditutup turun 4,41 poin, atau 0,02 persen, di 17,732.75, dengan penuruna saham unggulan UnitedHealth, sedangkan saham Intel alami kenaikan terbesar.

S & P 500 ditutup turun 2,34 poin, atau 0,11 persen, pada 2,081.24, dengan sektor utilitas memimpin tujuh sektor yang lebih tinggi, sedangkan sektor pelayanan kesehatan yang alami penurunan terbesar.

Sedangkan Nasdaq ditutup turun 1,56 poin, atau 0,03 persen, ke 5,073.64.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here