Draghi : ECB Segera Meningkatkan Inflasi

700
Presiden Bank Sentral Eropa, Mario Draghi menyatakan akan memberikan stimulus lebih lanjut dalam waktu dua minggu. Draghi mengatakan ECB akan melakukan apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan kenaikan segera inflasi.
 
“Jika kebijakan kami tidak cukup untuk mencapai tujuan itu, maka kita akan melakukan apa yang kita harus lakukan yaitu menaikkan inflasi secepat mungkin,” demikian dinyatakan Draghi dalam pidato di Frankfurt pada hari Jumat (20/11). Draghi juga menambahkan bahwa dalam membuat penilaian terhadap stabilitas harga, tidak akan diabaikan fakta bahwa inflasi Euro sudah rendah untuk beberapa waktu.
 
Komentar Draghi menggarisbawahi kekhawatiran ECB bahwa tingkat inflasi di kawasan euro yang terdiri dari 19 negara, saat ini berada pada 0,1 persen, akan tergelincir lebih jauh dari target di bawah 2 persen, tertekan oleh pelemahan tajam ekonomi dan merosotnya harga minyak.
 
Pembuat kebijakan ECB menimbang kebutuhan untuk ekspansi program Quantitative Easing (QE) mencapai  1,1 triliun euro ($ 1,2 triliun) yang dimulai pada bulan Maret, atau tindakan mengambil suku bunga deposito lebih lanjut di bawah nol.
 
Komentar Draghi mengkonfirmasi bahwa pengumuman stimulus lebih lanjut pada bulan Desember adalah kepastian, demikian pernyataan Marco Valli, kepala ekonom regional euro ekonom UniCredit SpA di Milan.
 
Dewan Pengawas ECB akan bertemu di Frankfurt pada 3 Desember untuk pertemuan kebijakan moneter berikutnya. Sementara Draghi dan Dewan Eksekutif Peter Praet, kepala ekonom lembaga, telah mengisyaratkan pelonggaran moneter, beberapa gubernur telah menyatakan kegelisahan.
 
Ardo Hansson Estonia, Slovenia Bostjan Jazbec dan Jerman Jens Weidmann telah mengisyaratkan sejak pertemuan terakhir mereka melihat tidak perlu untuk kebijakan QE lebih lanjut sekarang. Weidmann dijadwalkan untuk berbicara di Frankfurt hari Jumat.
 
Praet mengatakan dalam sebuah wawancara pekan ini bahwa mengambil tindakan dalam keadaan inflasi rendah merupakan risiko kredibilitas ECB.
 
Draghi mengatakan inflasi inti, yang tidak termasuk energi dan makanan, juga merupakan sinyal dari tekanan harga terlalu lemah. Tingkat tersebut adalah 1,1 persen pada Oktober.
 
ECB baru saja membeli € 60 milyar obligasi bulanan dan bermaksud untuk melakukannya sampai September 2016. suku bunga deposito berada pada rekor rendah -0,2 persen .

Nick Kounis, kepala penelitian makro di ABN Amro Bank NV di Amsterdam. “Kami mengharapkan ECB untuk meningkatkan laju QE oleh 20 miliar euro per bulan, sinyal bahwa pembelian akan terus melampaui September, dan memperluas aset untuk memasukkan obligasi daerah. Kami juga mengharapkan penurunan 10 basis poin di suku bunga deposito ECB dan yang akan dipotong lebih lanjut jika diperlukan. “

 
Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here