GCG Perbankan Indonesia Mulai Diperhitungkan di Asean; Bagaimana Implementasinya?

323

Sebuah prestasi yang membanggakan dunia perbankan Indonesia ketika belum lama ini dua perusahaan di Bursa Efek Indonesia  dinyatakan lolos dalam penerapan tata kelola perusahaan atau GCG ( good corporate governance) se-Asia Tenggara. Perusahaan tersebut adalah PT Bank CIMB Niaga Tbk dan PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Mengapa kita patut berbangga? Karena di tahun 2015 ini untuk pertama kalinya perusahaan lokal masuk 50 emiten terbaik dalam penerapan GCG se-Asia Tenggara berdasarkan penilaian Asean Score Card. Faktor utama yang dinilai adalah penerapan Pedoman Tata kelola atau  GCG dan pembenahan sistim keterbukaan informasi. Informasi tersebut diharapkan dapat disajikan dalam dua bahasa yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Pelaksanakan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan merupakan persyaratan multak bagi keberhasilan perusahaan modern saat ini. Tujuannya tidak  hanya untuk memenuhi ketentuan regulator, namun yang paling utama mendukung Perusahaan untuk melanjutkan pertumbuhannya dan berhasil mencapai target yang ditetapkan dalam jangka panjang..

Menghadapi persaingan pasar bebas ASEAN 2015, penerapan GCG semakin penting bagi industri yang bergerak di bidang keuangan dan pasar modal. Manfaat penerapan GCG bagi Perusahaan dapat dilihat melalui pencapaian kinerja Perusahaan baik secara kuantitatif maupun kualitatif yang mencakup baik aspek keuangan maupun non keuangan, juga apresiasi dari pihak eksternal.

Sejauh ini upaya apakah yang sudah dilakukan oleh kedua perusahaan tersebut sehingga diakui di tingkat Asean penerapan GCG nya bagus?.

a. Melakukan self assessment Tata Kelola Perusahaan sesuai ketentuan Otoritas Jasa Keuangan, untuk mengukur hasil pelaksanaan GCG selama satu tahun.
b. Melakukan self assessment Tata Kelola Perusahaan sesuai ASEAN Corporate Governance Scorecard, sebagai perwujudan komitmen Perusahaan bahwa penerapan tata kelola yang baik adalah beyond compliance, maka dilakukan juga serangkaian perbaikan standar Corporate Governance, antara lain untuk mencapai kriteria dan kategori penilaian Tata Kelola Perseroan sesuai ASEAN Corporate Governance Scorecard.

 Komitmen untuk menerapkan  GCG yang efektif memang bermanfaat bagi keberlanjutan perusahaan. Perusahaan mengalami kemajuan melalui kinerja keuangan yang baik, pertumbuhan bisnis dan komitmen dalam menerapkan praktik-praktik perbankan yang sehat. Perusahaan juga dapat memastikan kondisi keuangan dan non keuangan dapat dipublikasikan  dengan lengkap dan tepat waktu kepada stakeholders.

Selamat kepada Bank CIMB Niaga dan Bank Danamon.

 

 

 

Emy/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here