Harga Karet Tocom Naik Dengan Pelemahan Yen

245

Harga karet Tocom pada perdagangan Jumat pagi ini (20/11) mengalami peningkatan. Harga karet alami berjangka untuk kontrak paling aktif yaitu April 2016 lanjutkan penguatan setelah pada penutupan perdagangan kemarin menguat terbantu reboundnya harga minyak dunia.

Kenaikan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan pagi ini tidak lepas dari pengaruh pelemahan nilai tukar yen Jepang. Saat ini terpantau kurs pasanga USDJPY menguat 0,04% pada 122.92, hal ini menggambarkan Yen mengalami pelemahan terhadap dollar AS.

Pelemahan yen membuat harga karet alami berjangka Tocom terangkat. Bagi para pembeli luar negeri dengan melemahnya nilai tukar yen membuat harga komoditas yang diperdagangkan dalam mata uang tersebut menjadi relatif lebih murah sehingga permintaannya mengalami peningkatan.

Harga karet alami di Tocom untuk kontrak paling aktif yaitu untuk kontrak April 2016 pagi ini dibuka pada posisi 159,6 yen per kilogram. Harga karet alami berjangka mengalami kenaikan yang cukup signifikan yaitu sebesar 1,5 yen dibandingkan dengan posisi penutupan perdagangan sebelumnya pada 157.6 yen per kilogram. Saat ini harga berada di posisi 159,1 yen per kilogram.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet Tocom pada perdagangan hari ini berpotensi untuk bertahan di zona hijau. Harga komoditas ini menemukan pijakan yang cukup kuat untuk mendukung rebound-nya yaitu pelemahan nilai tukar yen dengan meningkatnya keyakinan suku bunga AS yang dapat semakin menguat dollar.

Untuk sesi perdagangan hari ini harga diperkirakan akan menemui level support di posisi 154,00 yen. Support selanjutnya ada di 149,00 yen. Sementara itu harga akan menemui resistance di posisi 164,00  yen dan 169,00 yen.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here