Pidato Draghi Lancarkan Euro Menuju Pelemahan Sepekan

238

Pidato Mario Draghi dalam kongres perbankan Eropa di Frankfurt malam hari waktu setempat menyatakan pada pertemuan bulanan dewan kebijakan ECB bulan Desember nanti akan dibicarakan upaya bank sentral untuk memulihkan kondisi ekonomi dan inflasi yang dimungkinkan melakukan pembelian aset atau pemberian stimulus tambahan.

Pidato tersebut merupakan pengulangan dari pernyataan Presiden ECB tersebut pada akhir pertemuan mereka akhir bulan Oktober lalu. Pasar global yang sempat mengharapkan pidato hari ini memberikan arahan baru, mendapat kepastian sehingga melepas aset berbasis mata uang tersebut.

Hingga perdagangan sesi Amerika malam ini, sepinya arahan fundamental baru dari kawasan dan juga penggerak dollar AS membuat pair EURUSD segera terjun ke posisi pelemahan mingguan yang mendekati 0,5 persen, pekan lalu berhasil mencetak penguatan mingguan.

Pergerakan kurs Euro di sesi Eropa (10:00:35 GMT) bergerak naik terhadap dollar AS,  setelah  dibuka kuat  pada   1.0733 di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro turun  42 pips  atau 0, 4%  dan nilai bergulir  berada pada 1.0691.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD akan melemah ke   kisaran 1.0630 jika   dollar kembali.  Namun jika dollar tetap lemah maka pair akan naik kembali ke posisi   1.0750 pada MA11  daily.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here