Harga Karet Tocom Akhir Pekan Tertekan Kenaikan Yen dan Penurunan Minyak Mentah

226

Harga karet alami berjangka pada perdagangan akhir pekan Sabtu (21/11) berada di zona merah. Pelemahan harga minyak mentah dan kenaikan yen menjadi pendorong utama penurunan harga karet alami Tocom .

Yen Jepang alami penguatan pada perdagangan akhir pekan dan ditutup menguat 0,07% pada 122,77.

Sedangkan harga minyak mentah terus alami pelemahan karena kekuatiran berlebihnya pasokan minyak mentah dunia. Pada penutupan Sabtu dinihari (21/11), harga minyak berjangka WTI untuk kontrak bulan Desember ditutup turun 0,4% pada 40,39 dollar per barel. Sementara itu harga minyak Brent berjangka naik 40 sen, atau 0,88 persen, pada $ 44,57 per barel.

Pada perdagangan akhir perdagangan akhir pekan lalu, harga karet berjangka untuk kontrak paling aktif di bursa komoditas Tokyo yaitu kontrak bulan April 2016 berakhir dengan membukukan pelemahan sebesar -1,9 yen menjadi 157,8 yen per kilogram, turun dari penutupan sebelumnya pada 159,7 yen per kilogram.

Hari ini pasar perdagangan di bursa Tocom Jepang libur dalam rangka memperingati hari buruh Thanksgiving.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan harga karet berjangka Tocom pada perdagangan selanjutnya akan kembali dipengaruhi oleh pergerakan nilai tukar yen Jepang dan harga minyak mentah. Kedua indikator tersebut merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap pergerakan harga karet alami Tocom.

Harga komoditas karet berjangka di bursa Tocom akan mengetes level Support di 153,00 yen dan 148,00 yen. Harga akan menemui Resistance pada level 165,00 dan 170,00 yen jika harga berbalik ke teritori negatif.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here