Kinerja Terbaik Bisnis Swasta Jerman Dalam 3 Bulan

277

Bisnis perusahan-perusahaan sektor swasta di Jerman alami pertumbuhan yang cukup pesat pada bulan November dalam tiga bulan terakhir berdasarkan survey Markit Economics terhadap 1000 perusahaan yang bergerak dalam bisnis manufaktur dan jasa. Laporan indeks composite yang ditunjukkan lembaga ini menunjukkan peningkatan nilai dari periode bulan sebelumnya.

Data flash dari Markit hari ini menunjukkan indeks output komposit naik menjadi 54,9 pada November dari 54,2 pada bulan Oktober. Ekspansi bisnis  yang cukup kuat ini  didorong oleh membaiknya kinerja bisnis sektor jasa Jerman dengan tingkat kenaikan yang paling tinggi dalam 14 bulan.

Germany Composite PMI

Dari laporan survey tersebut disebutkan indeks PMI sektor jasa meningkat cukup mengejutkan ke posisi 55,6 pada bulan November setelah bulan Oktober berada di posisi  54,5 bulan dengan perkiraan ekonom menurun ke posisi 54,3.

Demikian pula, untuk indeks PMI  manufaktur naik menjadi 52,6 indeks poin dari 52,1 pada bulan Oktober, sementara para ekonom ekspektasikan  turun ke posisi 52 indeks poin. Namun menurut laporan itu juga divatat output manufaktur naik pada tingkat terlemah sejak bulan Juli.

Dengan juga meningkatnya PDB kuartal ketiga negara ekonomi terbesar kawasan Euro, analyst Vibiz Research Center memperkirakan kinerja bisnis perusahaan swasta negeri tersebut juga akan terdongkrak lebih tinggi lagi.

 

 

H Bara/VMN/VB/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here