Outlook Emas Minggu Ini

468

Sementara Dolar AS rally terhadap matauang dunia lainnya – kebanyakan terhadap Euro dan Yen – emas dan perak tetap turun perlahan-lahan. Apakah hal ini berarti hanya akan terjadi penurunan dari sekarang sampai akhir tahun ini. Saat ini, outlook secara jangka pendek tidak terlalu menjanjikan, kecuali lompatan kembali yang sungguh-sungguh pendek, arahnya kemungkinan akan tetap turun.

Event utama pada minggu yang pendek ini akan melibatkan laporan GDP AS untuk kuartal ketiga. Ini adalah perkiraan yang kedua. Pada perkiraan yang pertama, GDP diperkirakan akan berkembang 1.5% – sedikit lebih rendah daripada perkiraan pasar dan dan jauh dibawah tingkat pertumbuhan di kuartal kedua sebesar 3.9%. Dalam jangka pendek, reaksi emas tidak bisa diperkirakan. Namun dalam jangka panjang, dengan data yang positip lebih banyak yang menunjukkan bahwa ekonomi AS sedang dalam era pemulihan, dolar AS kemungkinan akan menguat, tingkat bunga akan naik dan harga emas – jatuh.

Laporan ekonomi AS yang akan dirilis pada minggu ini yang berharga untuk diperhatikan termasuk barang-barang tahan lama inti dan keyakinan konsumen. Jika laporan ini menunjukkan hasil yang lebih baik daripada yang diharapkan, hal ini bisa menggerakkan USD naik, yang pada gilirannya mungkin bisa menyeret turun harga emas dan silver. Akhirnya, PCE inti akan muncul pada minggu ini. Selama berbulan-bulan pertumbuhan PCE inti tidak berubah di 0.1%. The Fed mengikuti laporan ini dan jika data yang keluar menunjukkan kenaikan di PCE inti, hal ini akan membuat semakin pasti akan terjadi kenaikan tingkat bunga di bulan Desember.

Pada akhir minggu sebelumnya probabilita kenaikan tingkat bunga di bulan Desember sedikit naik menjadi 70%, kemungkinan akan terjadi kenaikan di bulan Maret 2016 adalah sebesar 87% – sedikit lebih tinggi dari akhir minggu lalu.

Bottom linenya adalah pasar bullion telah melihat hari-hari yang lebih baik dan penurunan belakangan ini kemungkinan akan berlanjut, khususnya jika ekonomi AS terus menunjukkan tanda-tanda pemulihan, yang akan meyakinkan pasar lebih jauh bahwa tingkat bunga akan dinaikkan pada bulan depan. Jadi kecuali laporan-laporan ekonomi AS mengecewakan, emas dan perak kemungkinan perlahan-lahan akan turun lagi pada minggu ini

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here