Pembukaan Indeks Kospi Terangkat Kinerja Positif Saham Blue Chip

235
indeks kospi

Pada awal perdagangan bursa Korea Selatan awal pekan Senin (23/11), Indeks Kospi dibuka positif 4 poin, atau 0,19 persen, lebih tinggi pada 1,994. Penguatan indeks Kospi didukung kinerja positif saham blue chip di bursa Korea Selatan.

Lihat : Bursa Korsel Bergerak Datar Namun Berakhir Positif

Pada awal perdagangan pagi ini, saham-saham blue chip dibuka sebagian besar positif. Saham Samsung Electronics naik 0,16 persen, saham produsen baja Posco naik hampir 1 persen, dan saham SK Hynix juga naik 0,16 persen.

Sementara itu fokus investor, diperkirakan akan tetap pada Lotte Group dimana terjadi perebutan kekuasaan internal antara pemilik. Pekan lalu, kelompok ini kehilangan salah satu lisensi bebas bea untuk beroperasi toko di Seoul untuk pesaing Shinsegae.

Kelompok ini juga diharapkan dapat mengajukan permohonan untuk review awal penawaran initial public (IPO) dari Hotel Lotte, yang berencana untuk didaftarkan dengan operator bursa sekuritas lokal Korea Exchange bulan depan. Laporan mengatakan IPO ini diharapkan akan selesai pada akhir semester pertama 2016.

Saham Lotte Shopping naik 0,9 persen, saham Lotte Chemical Corp naik sebesar 1,43 persen, dan saham Lotte HiMart naik 0,17 persen.

Sedangkan untuk indeks kospi berjangka juga terpantau naik 1,25 poin atau 0,51% pada 246.30, dimana pada penutupan sebelumnya berada pada 245.05.

Untuk perdagangan hari ini belum ada lagi arahan dari fundamental domestik. Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Kospi akan bergerak menguat terbatas merespon penguatan ursa global dan kinerja positif saham-sahamnya. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 244.98-242.80 dan kisaran Resistance 246.25-250.32

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here