Penutupan Bursa Korea Selatan Terangkat Kinerja Positif Saham

155
indeks kospi

Pada penutupan perdagangan bursa saham Korea Selatan Senin (23/11), indeks Kospi berakhir positif naik 13.84 poin atau 0,70% pada 2003.70. Penguatan indeks Kospi terbantu oleh kinerja saham-sahamnya yang positif.

Lihat : Pembukaan Indeks Kospi Terangkat Kinerja Positif Saham Blue Chip

Saham-saham blue chip kehilangan momentum di sesi sore, setelah pada pemukaan ada di zona hijau. Saham Samsung Electronics ditutup 0,23 persen lebih rendah, saham produsen baja Posco berakhir 0,29 lebih rendah, saham Hyundai Motor turun 0,63 persen, dan saham SK Hynix turun 1,13 persen.

Satu pengecualian adalah Samsung C & T saham, yang melompat untuk menutup 7.45 persen lebih tinggi setelah diumumkan bahwa kontraktor mencapai kesepakatan untuk membangun massa rapid transit (MRT) stasiun dan terowongan di Singapura. Reuters melaporkan kesepakatan bernilai sekitar $ 555.000.000.

Investor juga terus mengawasi Lotte Group sebagai perebutan kekuasaan internal antara pemilik terus. Pekan lalu, kelompok kehilangan salah satu lisensi bebas bea untuk beroperasi toko di Seoul untuk pesaing Shinsegae.

Kelompok ini juga diharapkan dapat mengajukan permohonan untuk review awal untuk penawaran umum perdana dari Hotel Lotte untuk sekuritas lokal dan operator bursa Korea Exchange bulan depan. Laporan mengatakan IPO ini diharapkan akan selesai pada semester pertama 2016.

Saham Lotte Shopping ditutup 3,15 persen lebih tinggi, Lotte Chemical Corp naik 1,22 persen, sedangkan Lotte HiMart tetap tidak berubah.

Berbeda untuk indeks kospi berjangka terpantau turun -0,30 poin atau -0,12% pada 246.70, dimana pada penutupan sebelumnya berada pada 247.00.

Untuk perdagangan selanjutnya pada senin mendatang, belum akan dirilis data indikator ekonomi, namun perlu diperhatikan data perkembangan bursa global dan harga komoditas. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan saham selanjutnya indeks Kospi berpotensi bergerak sideways cenderung menguat dengan penguatan bursa global dan kinerja positif saham-sahamnya. Indeks Kospi diperkirakan akan bergerak dalam kisaran Support 245.74-2434.54 dan kisaran Resistance 248.00-249.23

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here