Bursa Eropa Melorot Seminggu Terendah, Banyak Tekanan; Apa Saja?

312

Bursa saham Eropa pada hari Selasa ini (24/11) diperdagangkan melorot pada posisi seminggu terendahnya, dengan beberapa data update laporan keuangan perusahaan yang mengecewakan seperti dari Zodiac Aerospace dan Kingfisher yang memberikan sentimen negatif kepada pasar. Situasi pasar ditambah lagi dengan bertambahnya ancaman teror di Eropa.

Harga saham Zodiac Aerospace terpantau anjlok hampir 10 persen setelah perusahaan pemasok bisnis aerospace ini membukukan penurunan pendapatan tahunan sampai 44,6 persen. Sedangkan Kingfisher terlihat tergelincir 3 persen data perusahaan retail pengembangan rumah ini dilaporkan meleset dari target proyeksi sebesar 6,6 persen, demikian dilaporkan Reuters hari ini (24/11).

Sementara itu, dari CNBC dilaporkan, Amerika mengeluarkan peringatan waspada perjalanan (travel alert) bagi rakyat AS, menunjukkan adanya ancaman teroris.

Belgia sampai hari ini masih tertutup untuk aktivitas normal di hari yang keempatnya karena terus memburu salah satu pelaku kunci, Salah Abdeslam, dalam penyerangan Paris 11 hari yang lalu.

Analis Vibiz Research melihat bahwa tekanan masih akan terus menghantui bursa saham kawasan Eropa. Selain isyu laporan keuangan emiten yang mengecewakan serta masih labilnya kebijakan ekonomi kawasan, tekanan harga komoditas dan ancaman teror akan terus memberikan kondisi bearish pada pasar. Rebound akan terjadi secara jangka pendek mana kala ada hembusan sentimen positif kuat dari Wall Street dan Asia. Selebihnya, untuk periode ini, bursa Eropa masih cenderung banyak ancaman tekanan.

 

 

Jhon P/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here