Bursa Wall Street Ditutup Turun, Investor Mencermati Harga Minyak dan GDP AS

679

Bursa Wall Street ditutup sedikit lebih rendah pada Selasa dinihari tadi  (24/11) karena investor mencermati fluktuasi harga minyak dan laporan ekonomi GDP AS yang akan dirilis hari ini.

Harga minyak berjangka WTI untuk kontrak bulan Desember ditutup turun 0,36%, pada 41,75 dollar per barel setelah naik sebanyak 1 persen pada janji Arab Saudi menjalankan stabilitas harga mengimbangi kekhawatiran tentang kelebihan pasokan di pasar minyak global.

Hari ini juga akan dirilis GDP Growth Rate QoQ 2nd Est Q3 yang berdasarkan hasil konsensus akan meningkat pada posisi 3,9%, naik dari hasil sebelumnya pada 2,0%.

Penurunan saham Apple, Goldman Sachs dan Boeing membebani indeks Dow Jones. Sedangkan saham Home Depot memberikan kontribusi kenaikan tertinggi dalam indeks.

Sementara sektor Utilitas turun lebih dari 1 persen pada perdagangan sore sebagai pemberat terbesar dalam S & P 500.

Saham sektor konsumen, energi dan material memimpin penguatan di S & P 500. Saham Alcoa ditutup lebih dari 4 persen lebih tinggi sebagai pemenang dari sektor material.

Dalam berita ekonomi hari Senin, Indeks Kegiatan Nasional Chicago Fed berada pada -0,04 pada bulan Oktober, naik dari -0,29 pada bulan September.

Penjualan rumah yang ada menunjukkan penurunan dari 3,4 persen pada Oktober.

Hasil Treasury diadakan sedikit berubah, dengan hasil 2-tahun di 0,93 persen dan yield 10-tahun turun 2,25 persen.

Lelang Departemen Keuangan menghasilkan $ 26 miliar mencatatkan 2 tahun dengan yield tinggi 0,948 persen, tertinggi sejak April 2010.

Dalam berita perusahaan lain, aktivis investor Carl Icahn mengatakan raksasa asuransi American International Group adalah “terlalu besar untuk berhasil” dan harus terpisah menjadi tiga perusahaan publik. Saham ditutup naik hampir 0,9 persen.

CVC Capital dan Rencana Badan Investasi Pensiun Kanada mengumumkan mereka akan memperoleh Petco sebesar $ 4,6 miliar.

Saham Pfizer ditutup 2,6 persen lebih rendah setelah mengumumkan akan membeli Allergan sekitar $ 160 miliar dalam kesepakatan terbesar yang pernah terjadi di sektor kesehatan. Transaksi ini akan memungkinkan raksasa obat berbasis di New York untuk pindah ke Irlandia untuk memotong beban pajak AS. Saham Allergan berakhir turun 3,4 persen.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup turun 31,13 poin, atau 0,17 persen, di 17,792.68, dengan penurunan terbesar saham Pfizer, sedangkan kenaikan tertinggi ada pada saham Home Depot.

The S & P 500 ditutup turun 2,58 poin, atau 0,12 persen, pada 2,086.59, dengan sektor utilitas memimpin enam sektor yang lebih rendah, sedangkan sektor konsumen sebagai top gainers.

Sementara Nasdaq ditutup turun 2,44 poin, atau 0,05 persen, pada 5,102.48.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here