Kepastian Menurunnya Pertumbuhan Ekonomi Jerman

351

Berdasarkan data terakhir dari kantor statistik federal Jerman-Destatis, pertumbuhan ekonomi Jerman menurun pada periode kuartal ketiga tahun 2015 berdasarkan data PDB periode tersebut. Melambatnya pertumbuhan ekonomi negara besar kawasan Eropa ini sudah diprediksi sebelumnya ini disebabkan merosotnya investasi dan ekspor pada periode tersebut.

PDB Jerman pada kuartal ketiga yang berakhir bulan September lalu alami pertumbuhan   0,3 persen, yang lebih rendah dari PDB kuartal sebelumnya di posisi  0,4 persen yang berakhir bulan  Juni. Meskipun terjadi peningkatan dalam pengeluaran rumah tangga dan pemerintah namun tidak dapat mengimbangi penurunan investasi dan ekspor.

Germany GDP Growth Rate

Secara kuartalan  konsumsi swasta tumbuh sebesar 0,6 persen, dibandingkan dengan pertumbuhan 0,1 persen pada kuartal sebelumnya. Konsumsi masyarakat juga naik 1,3 persen, percepatan dari pertumbuhan 0,7 persen pada kuartal sebelumnya.

Penurunan investasi terjadi pada industri manufaktur mesin merosot 0,8%, investasi sektor konstruksi juga menyusut 0,3 persen.  Untuk ekspor, meskipun meningkat  0,2 persen namun masih lebih sedikit dari kenaikan ekspor kuartal sebelumnya yang mencapai pertumbuhan 1,8 persen. Selain itu impor naik 1,1 persen, yang alami peningkatan dari kenaikan 0,5 persen dalam periode sebelumnya. 
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here