Rupiah Selasa Hanya Menguat Tipis, Ratusan Miliar Keluar Bursa

346

Dana asing semakin deras keluar dari bursa saham pada perdagangan saham sesi terakhir hari ini (24/11) sehingga semakin mempertebal net sales asing yang berdampak mengurangi penguatan kurs Rupiah terhadap dollar AS yang dimulai sejak awal perdagangan.

Diawal perdagangan kurs Rupiah sempat menguat lebih tinggi terhadap dollar AS ditengah kuatnya kurs mata uang utama global tersebut terhadap major currencies di pasar spot. Dan perdagangan siang penguatan mulai menyusut sehingga penguatan kurs Rupiah hanya tipis dari perdagangan sebelumnya.

Investor asing membawa kabur dananya keluar bursa hari ini sebanyak Rp326 miliar lebih, jumlah net sell terbanyak dalam 4 hari perdagangan terakhir. Namun meskipun asing lakukan aksi jual saham cukup besar IHSG masih mampu menguat 0,1 persen ke posisi 4545.

Hari ini rupiah menguat  0,03% ke posisi Rp13.718/US$ dari akhir perdagangan sebelumnya  di pasar spot setelah dibuka pada posisi 13693/US$ pagi tadi.  Namun kurs Jisdor  telah ditetapkan BI  hari ini melemah dari perdagangan sebelumnya menjadi  13723 dari 13696 hari Senin  (23/11).  Demikian juga berdasarkan  kurs transaksi BI untuk transaksi antar bank hari ini, Rupiah melemah   dipatok Rp13,792/US$ untuk kurs jual dan Rp13,654/US$ kurs beli. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada perdagangan esok hari berpotensi  melemah oleh prospek penguatan dollar lanjutan terhadap major sampai sesi Amerika berakhir.

 

 

 

Joel/VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here