Tiongkok Paling Boros Investasi Kurangi Emisi Karbon

220

Diantara negara-negara dunia yang menghabiskan banyak dana untuk  investasi penanggulangan efek rumah kaca dengan mengurangi emisi karbon, Tiongkok menjadi negara paling banyak mengeluarkan budget untuk investasi tersebut menurut sebuah laporan Climatescope 2015.

Laporan yang disponsori Departemen Pembangunan Internasional Inggris  dan Badan Pembangunan Internasional AS mensurvey 55 negara yang telah menginvestasikan anggaran pemerintah untuk kondisi iklim negara yang sehat dan bebas emisi karbon. Tiongkok telah menginvestasikan 89 miliar dolar AS untuk upaya tersebut pada tahun 2014.

Berdasarkan laporan tersebut, Tiongkok yang berkomitmen menciptakan negara dengan  masa depan yang rendah karbon mencetak indeks tertinggi di 2,29 pada  skala 0-5   setelah topping daftar tahun lalu dengan skor 2,23.

Pada tahun 2014 lalu Tiongkok sudah  menambahkan 35 GW kapasitas listrik yang terbarukan melebihi dari kapasitas operasi  di 49 negara sub-Sahara Afrika termasuk Afrika Selatan dan Nigeria. Selain negara Tiongkok negara yang ada peringkat berikutnya untuk kriteria ini yaitu  Brasil, Chili, Afrika Selatan dan India.

 

 

H Bara/VM/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here