Aktifitas Perdagangan Emas Sampai Akhir Minggu Ini

371

Laporan berita bahwa pesawat jet Turki menembah jatuh pesawat militer Rusia memberikan sedikit dorongan beli terhadap pasar emas yang safe haven kemarin setelah mengalami penurunan 5 ½ tahun terendah baru-baru ini. Emas bulan Februari di Comex terakhir naik $6.50 di $1,073.20 per ons. Perak Comex bulan Maret terakhir naik $0.114 di $14.175 per ons.

Ada kekuatiran mengenai resiko di pasar pada hari Selasa dengan laporan yang mengatakan bahwa pesawat perang Rusia ditembak jatuh oleh militer Turki. Pesawat Rusia berada di dekat perbatasan Suriah ketika jet tempur Turki menembaknya jatuh. Beberapa anggota Nato mengatakan bahwa pesawat Rusia berada di wilayah udara Turki. Namun, Rusia mengatakan bahwa pesawatnya tidak berada di wilayah Turki ketika ditembak jatuh. Para pejabat Nato mengadakan pertemuan membahas perihal ini di Brussels. Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengatakan bahwa negaranya di tikam dari belakang oleh Turki akan membalas penembakan jatuh atas pesawatnya.

Pasar saham tertekan dan Treasuries AS naik karena konflik Turki – Rusia.

Ketidak amanan dunia setelah serangan terror Paris, pengetatan keamanan di Belgia, dan travel warning dari pemerintah AS semua memberikan kontribusi terhadap kekuatiran akan resiko di pasar.

Sementara itu ada laporan ekonomi AS yang keluar. Perkiraan kedua dari GDP kuartal ketiga. Angka GDP naik menjadi 2.1% dibandingkan dengan perkiraan pertama sebesar 1.5%. namun angka ini sesuai dengan yang telah diperkirakan dan hanya sedikit mempengaruhi pasar.

Para trader dan investor sedang menunggu pertemuan FOMC pada pertengahan bulan Desember dan mengantisipasikan kenaikan tingkat bunga AS yang pertama dalam sembilan tahun.

Kegiatan trading di pasar AS kemungkinan akan menurun dengan cepat pada hari Rabu ini, karena liburan Thanksgiving pada hari Kamis. Hari Jumat ini akan merupakan hari perdagangan yang paling lambat dalam tahun ini.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here