Bursa Eropa Dibuka Menguat, Ketegangan Geopolitik Eropa Mereda

343

Bursa saham Eropa diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada Rabu (25/11), setelah saham berada di bawah tekanan pada hari Selasa, ketegangan geopolitik di Eropa tampaknya mereda dan beralih kepada Rusia dan anggota NATO Turki.

Pada hari Selasa, pasar Eropa ditutup melemah tajam setelah berita bahwa Turki menembak jatuh sebuah pesawat perang Rusia di perbatasan Suriah. Ankara mengklaim SU-24 pesawat perang telah memasuki wilayah udara Turki, tetapi Moskow telah menolak klaim tersebut.

Perusahaan perjalanan Thomas Cook adalah salah satu saham emiten terbaik dengan saham naik lebih dari 8 persen, setelah mengatakan yakin pada tahun 2016 melihat adanya permintaan yang kuat untuk wisata.

Sektor perjalanan tertekan pada Selasa kemarin menyusul insiden antara Turki dan Rusia dan kekhawatiran berlanjut atas serangan teroris. Namun hari ini saham maskapai penerbangan seperti Lufthansa dan Easyjet berada di zona hijau.

Sementara dalam berita pendapatan, perusahaan pengecer Jerman, Metro melihat lonjakan saham setelah menaikkan pembayaran dividen 2015 oleh lebih dari yang diharapkan.

Perusahaan material konstruksi raksasa LafargeHolcim melihat saham naik tajam meskipun penjualan kuartal ketiga jatuh. Tetapi perusahaan tidak menaikkan dividennya.

Perusahaan perekrutan Hays berada di bagian bawah indeks STOXX 600 setelah RBC memangkas target harga untuk saham.

Sementar itu The Daily Mail dan General Trust juga lebih rendah setelah yang melaporkan penurunan keuntungan untuk laju tahunan hingga 30 September.

Dalam berita lainnya, Menteri Keuangan Inggris George Osborne menyajikan tinjauan pengeluaran nya (proyeksi 5 tahun dari belanja pemerintah). Osborne diharapkan untuk memperbaharui upaya untuk memperbaiki keuangan publik Inggris yang akan melibatkan pemotongan belanja.

Di tempat lain pada Selasa, Bank of England Gubernur Mark Carney mengatakan bahwa suku bunga Inggris akan tetap rendah “untuk beberapa waktu.”

Pada indeks Inggris FTSE 100 naik 0,5 persen, sementara saham housebuilding – yang mendapatkan keuntungan dari suku bunga rendah – naik lebih tinggi dengan Inggris Bovis Homes dan Taylor Wimpey berada di wilayah positif.

Sedangkan saham Amerika Anglo turun 5 persen setelah HSBC dan Goldman Sachs memangkas target harga mereka untuk saham. Berita tersebut membuat perusahaan sumber daya dasar lainnya turun termasuk Arcelor Mittal dan BHP Billiton.

Terpantau saat ini, indeks-indeks kawasan Eropa bergerak mixed :

Indeks STOXX 600-Eropa terpantau naik 1.08% pada 379.70

Indeks DAX Jerman, terpantau naik 1.07% pada 11051.05

Indeks CAC 40 Perancis, terpantau naik 1,35% pada 4885.29

Indeks FTSE 100 Inggris, terpantau naik 0,85% pada 6330.78

Indeks FTSE MIB Italia terpantau turun 0,89% pada 22144.35

Indeks IBEX 35 Spanyol terpantau turun -0,44% pada 10161.90.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan melanjutkan penguatan dengan meredanya ketegangan geopolitik di Eropa. Demikian juga akan ada banjir data indikator ekonomi AS yang akan dirilis malam ini yang diindikasikan berdasarkan konsensus para ekonom akan berada di posisi positif.

Penguatan ekonomi AS diperkirakan akan menguatkan bursa Wall Street malam ini, dan jika itu terjadi akan juga menguatkan bursa-bursa global.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here