Bursa Tiongkok Bergerak Positif Jelang Pelaksanaan Kembali IPO

692
shanghai index

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Rabu (25/11), Indeks Shanghai terpantau bergerak positif naik 7,40 poin, atau 0,20 persen, pada 3623.51, dengan kondusifnya pasar saham dengan dimulainya kembali pelaksanaan IPO di bursa Tiongkok.

Lihat : Perjuangan Indeks Shanghai Berakhir Rebound

Setelah pembekuan lima bulan pada penawaran umum perdana (IPO), maka 10 perusahaan akan go public dalam dua minggu setelah menerima lampu hijau dari regulator sekuritas China.

China Securities Regulatory Commission telah membukan kembali proses IPO untuk lima perusahaan didaftarkan di bursa Shanghai dan lima perusahaan didaftarkan di bursa Shenzhen. Seperti diketahui 10 perusahaan yang telah listing dibatalkan pada bulan Juli setelah kekalahan pasar saham.

Saham pengembang bahan peledak Kailong Chemical Group akan mulai IPO tanggal 30 November, diikuti oleh tujuh perusahaan pada 1 Desember dan perusahaan penyedia teknologi software Thundersoft pada 2 Desember, menurut pengumuman.

Dimulainya kembali IPO menunjukkan regulator menjadi lebih percaya diri di pasar saham setelah Shanghai Composite Index melonjak 27,4 persen dari pelemahan 26 Agustus pada Jumat. Reli tersebut telah membuat pasar saham Tiongkok naik kembali.

Namun demikian, beberapa saham sekuritas alami penurunan. Saham Citic Securities dan Everbright Securities turun masing-masing 2 persen.

Untuk perdagangan selanjutnya, masih belum ada data indikator yang akan dirilis, namun perlu diperhatikan kondisi ekonomi domestik Tiongkok sendiri juga pergerakan pasar global dan komoditas, serta kondisi geopolitik dan keamanan global.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak sideways dan cenderung melemah melihat belum adanya arahan kuat untuk pergerakan selanjutnya. Indeks akan mencoba bergerak pada kisaran Support menembus level 3573-3525 dan jika harga harga terus menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3667-3728.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here