Indeks Hang Seng Ditutup Turun Masih Terpengaruh Kondisi Geopolitik

279

Pada penutupan perdagangan Rabu (25/11), indeks Hang Seng di Bursa Hongkong ditutup negatif -89,63 poin atau -0,40% pada 22,498.00. Pelemahan indeks Hang Seng masih terpengaruh kondisi ketegangan Rusia-Turki setelah jatuhnya jet tempur Rusia di perbatasan Suriah.

Lihat : Bursa Hongkong Bergerak Turun Mencermati Ketegangan Rusia-Turki

Pada penutupan perdagangan hari ini, saham-saham yang menjadi pemberat indeks Hang Seng adalah saham Power Assets Holdings Ltd yang turun -2,89%, saham Want Want China Holdings Ltd yang turun -2,35%, saham China Merchants Holdings International Co Ltd yang turun 2,29%, saham China Mengniu Dairy Co Ltd turun -2,25%, saham China Resources Power Holdings Co Ltd turun -2,09%.

Sementara pergerakan indeks berjangka Hang Seng alami hasil negatif, turun tipis sebesar -4 poin atau -0,02% pada 22.520 dari posisi penutupan diakhir perdagangan bursa saham sebelumnya pada posisi 22.524.

Pada perdagangan selanjutnya esok hari akan ada rilis data ekonomi Hongkong yaitu Balance of Trade Oktober yang diindikasikan berdasarkan konsensus ekonom akan meningkat pada posisi H$-35.2 miliar dari hasil sebelumnya pada H$-36.4 miliar. Juga akan ada data Exports (YoY) Oktober yang diindikasikan berdasarkan konsensus ekonom akan meningkat pada posisi -3.8% dari hasil sebelumnya pada -4.6%. Sedangkan Data Imports (YoY) Oktober diindikasikan berdasarkan konsensus ekonom akan meningkat pada posisi -7.1% dari hasil sebelumnya pada -7.6%.

Namun perlu diperhatikan banjir data indikator ekonomi AS malam nanti yang diindikasikan positif, tentunya akan menguatkan bursa saham AS dan dapat mendukung penguatan bursa Asia. 

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bahwa pergerakan indeks Hangseng selanjutnya akan bergerak sideways namun cenderung menguat dengan merespon data indikator ekonomi Hongkong yang positif dan penguatan bursa Wall Street. Indeks Hang Seng diperkiraan akan bergerak pada kisaran Support pada 22.284-22.044, dan kisaran Resistance pada 22.690-22.847.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here