Indeks Shanghai Ditutup Positif Terdorong Opini Penguatan Moneter Tiongkok

292
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok  Rabu (25/11), indeks Shanghai bertahan di teritori positif, naik 31,74 poin atau 0,88% pada 3647.85. Penguatan indeks Shanghai terkait pernyataan HSBC yang menyatakan kondisi meneter Tiongkok berada dalam posisi yang kuat.

Lihat : Bursa Tiongkok Bergerak Positif Jelang Pelaksanaan Kembali IPO

HSBC menyatakan bahwa kondisi moneter Tiongkok menguat pada bulan Oktober ke level tertinggi dalam 13 bulan, meskipun pelonggaran lebih lanjut mungkin diperlukan untuk menjaga ekonomi keluar dari deflasi.

HSBC China Monetary Condition Indicator (MCI), merupakan ukuran dari kondisi moneter dalam perekonomian Tiongkok, menguat untuk bulan ketiga berturut-turut pada bulan Oktober ke level tertinggi 13 bulan dari 1,5, menurut laporan tanggal 20 November oleh group perbankan Sino-British.

Adapun saham-saham yang menjadi penopang kenaikan indeks Shanghai adalah saham Beijing Gehua Catv Network yang naik 3,88%, saham Shanghai Pudong Development Bank naik 2,18%, saham Youngor naik 2,12%, saham Jiangxi Copper naik 1,96%, saham Founder Technology naik 1,7%.

Untuk perdagangan selanjutnya esok hari, belum ada rilis data indikator ekonomi, namun perlu terus diperhatikan perkembangan bursa global dan harga komoditas.

Namun perlu diperhatikan banjir data indikator ekonomi AS malam nanti yang diindikasikan positif, tentunya akan menguatkan bursa saham AS dan dapat mendukung penguatan bursa Asia. 

Analyst Vibiz Research  memperkirakan bahwa pergerakan indeks Shanghai akan bergerak sideways namun cenderung menguat terbatas dengan merespon kemungkinan penguatan bursa Wall Street.

Indeks diperkirakan akan mencoba bergerak pada kisaran Support pertama pada posisi 3.573 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Support kedua pada posisi 3.457.

Sebaliknya jika harga berbalik menguat akan menembus Resistance pertama pada posisi 3.715 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Resistance kedua  pada posisi 3.803 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here