Preview: Initial Jobless Claims AS

235

Jumlah orang Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran pada minggu lalu menurun sebanyak 5000 menjadi 271.000, menunjukkan pasar tenaga kerja yang kuat. Klaim pengangguran telah tetap dibawah angka batas 300.000 selama 37 minggu berturut-turut, terpanjang dalam sejarah. Klaim rata-rata empat minggu naik sebesar 3000 menjadi 270.750

Pengajuan baru tunjangan pengangguran telah menjadi salah satu indikator ekonomi bullish yang paling konsisten selama beberapa tahun terakhir. Update data pada malam hari ini diperkirakan masih sama.

Menurut Trading Floor.com orang-orang memperkirakan klaim pengangguran pada malam hari ini akan turun 1000 ke 270.000. Dengan perkataan lain, klaim pengangguran diperkirakan akan tetap mendekati kerendahan selama beberapa dekade, menegaskan pesan yang sudah jelas dari data ini selama ini – pasar tenaga kerja tetap pada jalur perkembangannya dalam jangka pendek.

Kelihatannya angka yang bagus akan keluar dari rilis data pada malam hari ini dan akan memberikan kepada Federal Reserve data berikutnya untuk merasionalisasikan kenaikan tingkat bunga pada bulan depan.

Laporan payroll bulan November minggu depan akan memberikan pengaruh yang lebih besar terhadap keputusan dari bank sentral pada tanggal 16 Desember nanti. Tetapi rilis data pada malam hari ini akan memberikan perspektif yang baru mengenai apa yang akan dipublikasikan oleh Washington pada tanggal 4 Desember nanti, update data employment bulanan yang terakhir menjelang apa yang akan bisa menjadi pengumuman yang “hawkish” dari FOMC dalam sembilan tahun.

Menurut Forex Crunch, para ekonom memperkirakan payrolls akan naik paling tidak 200.000 pada bulan November, yang akan memberikan Federal Reserve keyakinan untuk menaikkan tingkat bunga jangka pendeknya di pertemuan pada tanggal 15 – 16 Desember

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here