Bursa Tiongkok Dibuka Positif Merespon Kebijakan Stimulus Ekonomi

334

Mengawali perdagangan saham di bursa Tiongkok Kamis (26/11), Indeks Shanghai dibuka naik 0,3%. Saat ini terpantau bergerak sideways dan naik 3,08 poin, atau 0,08 persen, pada 3651.01. Pergerakan bursa Tiongkok terpengaruh kebijakan stimulus ekonomi yang dikeluarkan pemerintah Beijing.

Lihat : Indeks Shanghai Ditutup Positif Terdorong Opini Penguatan Moneter Tiongkok

Pemerintah Beijing mengumumkan kebijakan bea cukai baru untuk meningkatkan perdagangan luar negeri pada Rabu, seperti menurunkan biaya untuk importir dan eksportir serta perampingan clearance barang di pabean.

Sementara itu PBOC telah memberikan lampu hijau untuk batch pertama dari tujuh bank sentral asing dan dana investasi untuk melaksanakan akses perdagangan di antara bank pasar valuta asing Tiongkok, ini merupakan langkah penting untuk meningkatkan popularitas yuan sebagai mata uang cadangan.

Pendatang baru tersebut adalah Hong Kong Monetary Authority, Reserve Bank of Australia, Hungarian National Bank, International Bank for Reconstruction and Development, International Development Association, Trust Funds of World Bank Group and Government of Singapore Investment Corp.

Untuk perdagangan selanjutnya, masih belum ada data indikator yang akan dirilis, namun perlu diperhatikan kondisi ekonomi domestik Tiongkok sendiri juga pergerakan pasar global dan komoditas.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan indeks Shanghai akan bergerak sideways dan cenderung menguat terbatas dengan kebijakan pemerintah Tiongkok untuk menguatkan ekonomi negara tersebut. Indeks akan mencoba bergerak pada kisaran Support menembus level 3600-3545 dan jika harga terus menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3728-3789.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here