Konsumen AS Lebih Berhati-hati Dalam Berbelanja

240

Konsumen AS telah meningkatkan kewaspadaan dalam musim belanja liburan, dimana hal ini menjadi potensi pemberat pertumbuhan ekonomi selama bulan-bulan terakhir tahun ini.

Bukti terbaru: Amerika bulan lalu menjauhkan belanja dari pendapatan mereka yang diperoleh dari kenaikan upah, mendorong tingkat tabungan pribadi ke level tertinggi dalam hampir tiga tahun.

“Konsumen memiliki sarana untuk menghabiskan, hanya mereka tidak ingin,” demikian dinyatakan Michelle Girard, ekonom RBS Securities.

Hal ini tidak jelas apakah Oktober akan terbukti menjadi salah satu bulan menyiapkan belanja liburan atau menguranginya di tengah sinyal ekonomi campuran di dalam negeri dan kesulitan di luar negeri.

Sementara konsumen tetap relatif optimis, langkah-langkah kunci kepercayaan konsumen AS tergelincir pada akhir November. Indeks sentimen konsumen Universitas Michigan untuk November turun ke 91,3 dari pembacaan tengah bulan dari 93.1.

“Data menunjukkan bahwa konsumen telah menjadi semakin sadar ekonomi di dalam negeri serta ekonomi global,” kata Richard Curtin, kepala survey ekonom .

Yang mungkin termasuk PHK di sektor energi yang dibawa oleh harga minyak yang rendah, berjuang antara produsen yang terbebani oleh dolar yang kuat dan permintaan luar negeri yang tinggi, serangan teroris di Paris dan perselisihan di Suriah, Irak dan tempat lain di Timur Tengah.

Angka-angka terbaru pemerintah pada pengeluaran pribadi, yang mengukur berapa banyak orang Amerika membayar untuk segala sesuatu dari sepatu baru sampai pemanas rumah, mencerminkan kewaspadaan. Konsumsi naik hanya 0,1% pada Oktober dari bulan sebelumnya, pertumbuhan yang lambat yang sama seperti pada bulan September, Departemen Perdagangan mengatakan Rabu (25/11).

Pendapatan pribadi naik 0,4% sehat pada bulan Oktober, dipimpin oleh keuntungan dividen, pendapatan sewa dan upah.

Daripada menghabiskan, masyarakat Amerika pada bulan Oktober memutuskan untuk menyingkirkan lebih banyak uang. Tingkat tabungan pribadi, yang mengukur pangsa pendapatan seseorang yang tersimpan, adalah 5,6% pada bulan Oktober, level tertinggi sejak Desember 2012. Pada $ 761.900.000.000, tingkat tabungan pribadi juga yang tertinggi sejak bulan terakhir 2012.

Bisnis telah berjuang untuk mendorong pola belanja. Pengecer telah melihat segala sesuatu dari cuaca hangat untuk perlambatan di industri energi untuk menjelaskan perilaku konsumen.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here