Pesanan Barang Tahan Lama AS Naik 3% di Bulan Oktober

237
Pesanan untuk barang tahan lama di AS naik pada bulan Oktober, keuntungan yang mewakili lompatan besar dalam kategori pesawat stabil dan kenaikan tipis di bagian lain.

Pesanan baru untuk barang tahan lama seperti lemari es dan produk lainnya dirancang untuk bertahan setidaknya tiga tahun-meningkat pada musiman yang disesuaikan 3% pada Oktober dari bulan sebelumnya, Departemen Perdagangan mengatakan pada Rabu (25/11).

 
Melalui 10 bulan pertama tahun ini, pesanan barang tahan lama turun 4,2% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2014.

Survey Ekonom yang dilakukan oleh The Wall Street Journal memperkirakan pesanan secara keseluruhan meningkat sebesar 1,8% pada bulan Oktober.
Pesanan barang tahan lama September yang direvisi untuk penurunan 0,8% dari penurunan perkiraan sebelumnya 1,2%.
 
Melalui 10 bulan pertama tahun ini, pesanan barang tahan lama turun 4,2% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2014. Penurunan ini mencerminkan permintaan dibatasi karena harga minyak rendah, dolar yang kuat dan perlambatan pertumbuhan di luar negeri.
 
Pada bulan Oktober, pesanan untuk pesawat nondefense naik 81% untuk meningkatkan pembacaan keseluruhan. Boeing Co, perusahaan kedirgantaraan nasional terbesar, mengatakan pesanan untuk jet penumpang dua kali lipat bulan lalu dibandingkan dengan September.
 
Pesanan untuk kendaraan bermotor dan bagian-yang telah menjadi titik terang di antara angka manufaktur yang naik tahun ini-turun 2,9% pada bulan Oktober.
 
Termasuk transportasi, pesanan barang tahan lama naik lebih-sederhana 0,5% bulan lalu, meskipun keuntungan adalah yang terbaik sejak Juni. Pesanan di luar transportasi turun 2,7% melalui 10 bulan pertama tahun ini.
 
Tidak termasuk pertahanan, sektor volatil lain, pesanan tahan lama naik 3,2% bulan lalu, tetapi turun 4% sepanjang tahun ini. Pesanan pertahanan meningkat 1% pada bulan Oktober.
 
Sebuah ukuran kunci investasi bisnis naik pada bulan Oktober. Pesanan untuk barang modal nondefense tidak termasuk pesawat-proxy untuk belanja perusahaan pada peralatan-meningkat 1,3% pada bulan Oktober. Angka tersebut turun 3,8% melalui 10 bulan pertama tahun ini.
 
Bisnis investasi mencapai puncaknya pada September 2014 tetapi cenderung terus rendah, sebagian mencerminkan penurunan besar dan kuat dalam pengeluaran pada mesin minyak dan gas-lapangan. Pesanan untuk peralatan kereta api, kategori lain terkait dengan produksi minyak dan gas, dan peralatan pertanian juga merosot tahun ini.

Dolar AS yang lebih kuat dan permintaan luar negeri yang lemah mungkin juga membatasi penjualan. Pesanan untuk mesin dan komputer meningkat bulan lalu. Semakin kuat dolar AS membuat produk lebih mahal di luar negeri dan barang-barang asing lebih murah di rumah.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here