Survei Konsumen dan Bisnis Area Euro Bulan November 2015

254

Economic Sentiment Indicator (ESI) area Euro diperkirakan tidak berubah di 105.9. Angka ini cukup dekat ke ketinggian yang terlihat di tahun 2011 (sebelum krisis keuangan berbalik menjadi krisis euro) dan sebelum krisis keuangan.

Keyakinan konsumen sementara telah dipublikasikan pada minggu yang lalu, dan memberikan suatu kejutan yang positip. Indikator market flash di bulan November juga lebih baik daripada yang diperkirakan. Investor dengan pasti sedang menunggu angka yang positip, dan angka yang positip tidak diperkirakan akan merubah tendensi ECB yang “dovish” pada titik ini.

Menggali lebih dalam mengenai indeks komposit, indeks industri menunjukkan bahwa belum berada dekat pembalikan arah. Sejak sentimen bangkit dari dasar di tahun 2012 setelah ketua ECB Mario Draghi memberikan pidatonya yang terkenal dengan kalimat “apapun yang diperlukan (akan dilakukan)”. Indeks konstruksi dan industri memang lambat mengikuti, sementara jasa, perdagangan ritel dan indeks konsumen paling banyak mengalami perbaikan.

Arah keduanya kelihatannya akan segera bertemu. Selama beberapa bulan yang lalu, indeks konstruksi telah membaik dan berada pada ketinggian setelah krisis. Sementara sentimen industri tetap diam ditempat selama dua tahun.

Hanya indeks perdagangan eceran yang telah melampaui level sebelum krisis. Jika arah keduanya bertemu – yang berarti konstruksi mengalami kenaikan, dimana industri kemungkinan akan bergabung segera – kemungkinan akan ada pertumbuhan buat Eropa kedepannya.

Kemungkinan pemulihan Eropa menjadi semakin luas. Sebagian hal ini dikarenakan kebijakan moneter dan fiskal yang menjadi lebih mudah, dan permintaan agregat di area euro akan naik dengan membaiknya employment.

Bahaya sesungguhnya terhadap pemulihan sekarang ini adalah yang biasanya: Kenaikan tingkat bunga AS, perlambatan negeri Cina dan kesalahan kebijakan. Dengan Jerman takut untuk memangkas belanja fiskal dan kebijakan moneter yang ketat, dan Brussels sibuk dengan rencana yang setengah hati untuk rencana unifikasi yang sesungguhnya, masih ada banyak ruangan bagi kegoncangan dan respon kebijakan yang salah.

Ferli/VMN/VBN /Senior Analyst Vibiz Research  Center

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here