Bursa Eropa Bergerak Positif Dengan Harapan Stimulus ECB

318

Bursa saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi Senin (30/11) dengan investor bersiap diri untuk minggu yang penting terkait stimulus ECB dan pergerakan harga minyak.

Indeks Stoxx 600 Eropa-pan diperdagangkan 0,5 persen lebih tinggi di perdagangan sore. Semua sektor berada di wilayah positif kecuali untuk utilitas.

Investor di Eropa akan mengalihkan fokus mereka terhadap Bank Sentral Eropa (ECB) pekan ini, dan apakah bank sentral akan mengumumkan stimulus ketika bertemu Kamis. Bank sentral diperkirakan akan memperkenalkan langkah-langkah stimulus lebih untuk menghidupkan kembali inflasi dan mendorong pertumbuhan di wilayah ini. 

Harga minyak, pendorong utama pasar di seluruh 2015 juga akan menjadi fokus, dimana anggota OPEC akan berkumpul untuk membahas prospek pasar saat ini. Banyak analis percaya kebijakan output organisasi tidak akan berubah, meskipun meningkatnya kekhawatiran atas kelebihan pasokan global.

Harga minyak diperdagangkan lebih dari 1 persen lebih tinggi di perdagangan sore, dengan minyak mentah Brent naik 65 sen menjadi $ 45,51, sementara minyak mentah AS diperdagangkan pada $ 42,45 per barel. 

Salah satu top gainers pada indeks STOXX 600 adalah saham mobil Volkswagen, diperdagangkan naik 4,5 persen, meskipun laporan di surat kabar Welt Die Senin, yang mengatakan perusahaan harus menarik kembali 2,46 juta mobil yang dilengkapi dengan perangkat lunak kontrol emisi ilegal di Jerman. Sektor Autos melonjak di belakang ini, naik 1,7 persen.

Saham maskapai Jerman Lufthansa naik 2 persen. Pada hari Sabtu, maskapai ini menandatangani perjanjian dengan layanan serikat Verdi di bayar untuk sekitar 33.000 personel.

Pada indeks FTSE London, salah satu saham tertinggi adalah sahhotel group InterContinental, naik 3,3 persen. Hasil terburuk adalah saham Aberdeen Assam et Management, turun 4 persen, di tengah berita penurunan 12,5 persen pada aset karena investor menarik uang dari dana pasar berkembang, Reuters melaporkan.

Penambang Inggris, BHP Billiton turun hampir 3 persen, setelah Brasil mengumumkan rencana untuk menggugat pemilik bijih tambang Samarco besi, BHP dan Vale, sebesar $ 5,2 miliar. Meskipun demikian, perusahaan tambang lainnya diperdagangkan naik tajam, termasuk Glencore, naik 3 persen, dan Antofagasta dan Anglo American, baik perdagangan di wilayah positif.

Saham perusahaan asuransi Belanda, Delta Lloyd, tergelincir lebih dari 10 persen setelah perusahaan mengumumkan € 1 miliar ($ 1050 000 000) rights issue untuk meningkatkan rasio modal dan mengatakan akan tidak ada pembayaran dividen final tahun 2015. Meskipun demikian, sektor asuransi diperdagangkan lebih tinggi.

Di tempat lain, kepala negara berkumpul di Paris pada Senin untuk pertemuan puncak utama PBB tentang perubahan iklim. Ada harapan bahwa para pemimpin di KTT ini dapat menemukan kesepakatan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca setelah kegagalan untuk melakukannya pada konferensi terakhir di Kopenhagen enam tahun lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa bisa melanjutkan penguatan merespon data indikator ekonomi kawasan Eropa seperti data Unemployment Rate yang stabil dan data Markit Manufacturing PMI Final November yang meningkat.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here