Indeks Nikkei Dibuka Negatif Terganjal Penguatan Yen

339
Photo by Vibizmedia

Bursa Jepang pada awal perdagangan awal pekan Senin (30/11) dibuka turun –63 poin, atau -0,32 pada 19.820 meskipun data indikator ekonomi yang resmi yang dirilis pagi ini menunjukkan hasil yang mixed dalam produksi industri dan penjualan ritel untuk bulan Oktober. Indeks Nikkei terpantau tertekan oleh penguatan Yen.

Lihat : Akhir Bursa Jepang Di Zona Merah, Harapan Penguatan Dengan Pelemahan Yen

Pagi ini dirilis data indikator ekonomi Jepang dengan hasil yang mixed, yaitu :

Industrial Production (YoY) Prel Oktober, memperoleh hasil -1,4%, menurun dari hasil sebelumnya pada posisi -0.8%.

Industrial Production (MoM) Prel Oktober, memperoleh hasil 1,4%, meningkat dari hasil sebelumnya pada posisi 1.1%,sedangkan hasil konsensus adalah 1,9%.

Retail Sales (YoY) Oktober, memperoleh hasil 1,8%, meningkat dari hasil sebelumnya pada posisi -0.1%, dan dari hasil konsensus 0,8%.

Sementara itu Yen terpantau mengalami penguatan terhadap dollar AS. Terpantau pagi ini kurs USDJPY melemah -0,06% pada 122.73.

Saham-saham perusahaan blue chip Jepang dibuka bervariasi, dengan sebagian besar dari mereka diperdagangkan datar atau di zona merah. Saham Sony, Canon, dan Mitsubishi Electric turun, sementara saham Toyota datar. Saham Toshiba naik 2,29 persen karena perusahaan mengatakan pekan lalu akan mempertimbangkan menjual saham dalam bisnis semikonduktor untuk mengumpulkan dana setelah pulih dari skandal akuntansi awal tahun ini.

Sedangkan untuk indeks Nikkei berjangka juga berada pada zona negatif, turun -70,00 poin atau -0,35% pada 19,790, turun dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya pada 19,860.

Sementara itu, untuk siang ini, akan ada data indikator ekonomi yang dirilis. yaitu :

Data Construction Orders (YoY) Oktober, yang diperkirakan berada di posisi 3.37%, menurun dari hasil sebelumnya pada posisi 6.7%.

Data Housing Starts (YoY) Oktober, diindikasikan berdasarkan hasil konsensus berada pada posisi 2,9%, meningkat dari hasil sebelumnya pada posisi 2.6%

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya hari ini, indeks diperkirakan berpotensi mengalami pelemahan terbatas dengan merespon data ekonomi yang mixed dan penguatan Yen. Secara teknikal Indeks Nikkei akan bergerak dalam kisaran Support 19,420-19,114, dan kisaran Resistance 20,151-20,457.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here