Indeks Shanghai Berakhir Positif, Akan Lanjut Menguat Dengan Data Manufaktur Stabil

277
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok  Senin (30/11), indeks Shanghai berbalik menguat. Indeks Shanghai naik 9,37 poin, atau 0,27 persen, pada 3445.68 didukung kinerja positif saham-saham perbankan.

Lihat : Bursa Tiongkok Bergerak Negatif Dengan Proses Investigasi Perusahaan Sekuritas

Pada akhir perdagangan Indeks Shanghai, saham bank-bank Tiongkok semua diperdagangkan di wilayah positif, didorong oleh berita dari kemungkinan masuknya mata uang yuan ke dalam Special Drawing Rights (SDR) oleh Dana Moneter Internasional (IMF). Ini akan membuat yuan menjadi mata uang cadangan yang diakui secara resmi.

Saham-saham permbankan mencatat hasil positif merespon kabar yuan tersebut. Saham-saham ICBC, Agriculture Bank, Bank of China CCB, dan Bank of Commerce naik antara 0,64 hingga 3,8 persen.

Investor juga masih terus tetap prihatin atas investigasi yang sedang berlangsung terhadap perusahaan sekuritas oleh regulator Tiongkok.

Pekan lalu, China Securities Regulatory Commission secara resmi mengadakan investigasi ke perusahaan sekuritas untuk menyingkirkan short selling dan spekulasi, setelah melihat pasar saham menghasilkan kinerja terburuk mingguan sejak Agustus setelah sell-off besar-besaran pada hari Jumat.

Saham-saham perusahaan sekuritas sebagian besar alamai kerugian pagi dan ditutup mixed. Saham Citic Securities ditutup 1,51 persen lebih rendah; saham China Merchants turun 0,2 persen, sementara saham Founder Securities kembali ke zona hijau, menutup 3,27 persen lebih tinggi. Saham Haitong Securities, ditutup dekat 9 persen lebih rendah.

Indeks Composite Shenzhen ditutup 6,1 persen lebih rendah, indeks ChiNext turun 6,1 persen, dan Indeks CSI300 juga turun 5,38 persen.

Untuk perdagangan selanjutnya pada besok pagi, akan dirilis data indikator ekonomi Tiongkok yaitu :

Data NBS Manfacturing PMI November, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada posisi 49.8, sama dengan hasil sebelumnya pada 49.8

Data Non Manufacturing PMI November, yang diperkirakan ada pada posisi 53.1, sama dengan hasil sebelumnya pada 53.1

Data Caixin Manufacturing PMI November, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada posisi 48.3, sama dengan hasil sebelumnya pada 48.3  

Analyst Vibiz Research  memperkirakan bahwa pergerakan indeks Shanghai akan bergerak menguat terbatas merespon data indikator ekonomi yang stabil.

Indeks diperkirakan akan mencoba bergerak pada kisaran Support pertama pada posisi 3.408 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Support pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Support kedua pada posisi 3.377.

Sebaliknya jika harga berbalik menguat akan menembus Resistance pertama pada posisi 3.481 poin, jika pergerakan indeks berhasil menembus Resistance pertama maka diperkirakan akan mencoba menembus Resistance kedua  pada posisi 3.534 poin.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here