Prospek Bisnis Korea Memburuk Oleh Pelemahan Ekonomi Dalam Negeri

1152

Prospek bisnis di Korea Selatan  semakin memburuk hingga akhir tahun ini menurut survey yang dilakukan bank sentral Korea Selatan (BOK) terhadap sekitar 2800 perusahaan di negeri tersebut pada bulan ini. Dalam survey tersebut keyakinan  perusahaan negeri Korea semakin menurun untuk prospek bisnis baik pada bulan November mapun untuk bulan Desember nanti.

Dari ribuan perusahaan diatas, perusahaan manufaktur yang paling pesimis dengan prospek bisnis mereka. Indeks survei bisnis (BSI) yang dilakukan BOK untuk perusahaan non manufaktur turun ke posisi 69 dari posisi 71 indeks poin pada bulan November. Selain itu untuk indeks perusahaan manufaktur turun ke posisi 69, yang turun 1 poin dari bulan sebelumnya.

South Korea Business Confidence

Rincian survey berikutnya, indeks mengukur prospek perusahaan  untuk penjualan domestik turun ke 79 poin  pada bulan Desember nanti, sedangkan bulan sebelumnya dapat mencapai 81demikian juga untuk  indeks terpisah mengukur sentimen bisnis non-ekspor perusahaan di sini berada di posisi 68.

Selanjutnya keyakinan perusahaan akan prospek ekspor mereka turun 3 poin ke posisi 70 dari bulan sebelumnya. Ekspor Korea Selatan ini telah jatuh setiap bulan sejak awal tahun ini dengan ekspor terakhir anjlok 15,8 persen secara tahunan  pada bulan Oktober,  penurunan tertinggi  lebih dari enam tahun.

Data survey terakhir menunjukkan, 23,8 persen dari perusahaan yang disurvey nyatakan prospek bisnis domestik kedepannya merosot menjadi masalah besar mereka sedangkan 19 persen berpendapat prospek bisnis turun oleh kondisi eksternal dan 9 persen berpendapat ekspor yang lemah beratkan prospek bisnis di negeri tersebut. 

 

 

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here