Sudah 4 Bulan Produksi Industri Jepang Melempem

586
Vibizmedia Photo

Meski pada bulan Oktober lalu industri Jepang menghasilkan produksi yang meningkat dari bulan sebelumnya namun selama 12 bulan terakhir per bulan Oktober produksi industri negeri matahari terbit tersebut semakin menurun seperti yang dilaporkan Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang (METI) hari ini (30/11).

Laporan pemerintah untuk kinerja industri negeri tersebut menunjukkan kenaikan data secara bulanan ke posisi  1,4 persen pada bulan Oktober, setelah bulan sebelumnya di posisi 1,1 persen. Namun secara tahunan  produksi industri turun 1,4 persen, melanjutkan kontraksi data bulan September di posisi -0,8 dan jauh diatas perkiran untuk penurunan 0,9 persen.

Japan Industrial ProductionDan jika dilihat grafik diatas terpantau data produksi industri Jepang semakin merosot  ke posisi terburuk selama 4 bulan berturut. Dan menyikapi buruknya kinerja industri ini, METI tetap optimis untuk produksi bulan berikutnya hingga akhir tahun ini. 

Dari proyeksi yang dibuat METI, pada bulan November akan terjadi peningkatan khususnya  industri manufaktur  peralatan komunikasi elektronik, mesin listrik, dan perangkat serta komponen elektronik. Namun pada bulan Desember pemerintah perkirakan terjadi penurunan khusunya pada  peralatan transportasi dan perangkat elektronik beserta komponennya.

Dari sisi persediaan, pada bulan Oktober merosot 1,9 persen dengan rasio persediaan turun 3 persen secara  bulanan yang  jatuh untuk bulan kedua berturut-turut. Namun secara tahunan persediaan  naik 0,2 persen dengan rasio persediaan yang turun  0,5 persen. Buruknya kinerja industri negeri ini selain disebabkan sepinya orderan dalam negeri juga orderan dari luar negeri.

 

 

H Bara/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here