Aussie Dollar Anjlok Parah Oleh Data Manufaktur Tiongkok

247

Pergerakan nilai tukar mata uang Australia perdagangan sesi Eropa hari ini (4/01) alami pergerakan yang buruk ditengah pelemahan dollar AS sejak awal perdagangan setelah akhir tahun ditutup menguat.Anjlok cukup parahnya Aussie dollar hari ini disebabkan hancurnya kinerja manufaktur negeri yang menjadi mitra dagang besarnya yaitu Tiongkok pada bulan Desember tahun lalu.

Kondisi ekonomi di Tiongkok selalu menjadi acuan pergerakan pasar valas dan saham negeri tersebut, buruknya data PMI manufaktur yang dirilis oleh Caixin dan Markit awal pekan ini menunjukkan rapuhnya pondasi perekonomian Tiongkok yang juga mengkhawatirkan pasar ekonomi global.

Sepanjang tahun 2015 pergerakan Aussie  terhadap dollar masih sangat lemah  sejak krisis moneter  tahun 2008 lalu. Kurs negara kangguru ini melemah sekitar 10,5 persen sejak penutupan perdagangan tahun 2014 lalu. Pelemahan ini didominasi oleh pelemahan harga komoditas khususnya logam yang memurahkan mata uang komoditas ini.

Pergerakan dollar AS terhadap kurs utama global lainnya sore  ini terpantau masih melemah  oleh sentimen diatas setelah berhasil menutup tahun dengan prestasi yang mengesankan sepanjang tahun 2015. Dan tampaknya sentimen positif dari data PMI manufaktuir AS oleh Markit dan ISM malam ini tidak dapat mengangkat dollar kembali. 

Pergerakan kurs Aussie  sesi Eropa (10:45:35 GMT) bergerak kuat terhadap dollar AS, setelah dibuka lemah  pada 0.7287 di awal perdagangan (00.00 GMT), pair AUDUSD turun 74 pips atau 0,7% dan nilai bergulir berada pada 0.7213.

Namun untuk perdagangan selanjutnya, analyst Vibiz Research Center memperkirakan AUDUSD dapat turun  terus  ke posisi support   0.7175. Namun jika terjadi koreksi kembali pair dapat naik  ke kisaran  0.7262 hingga 0.7322.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here