Penyebab Melempemnya Bisnis Pabrikan Tiongkok

338

Kondisi bisnis pabrikan di Tiongkok pada bulan Desember alami kinerja yang tidak menguntungkan oleh sepinya permintaan ditengah menumpuknya produk pabrikan swasta negeri tersebut. Kinerja manufaktur Tiongkok pada akhir tahun lalu terlihat dari indeks PMI manufaktur yang dilaporkan oleh Caixin dan Markit hari Senin (4/1/16).

Caixin Media Co umumkan indeks PMI manufaktur untuk Tiongkok bulan Desember turun ke posisi   48,2 bulan lalu, setelah bulan sebelumnya naik ke 48,6 dari bulan Oktober. Indeks ini merupakan indeks yang berada dibawah level 50 indeks poin atau alami kontraksi selama 10 bulan berturut-10.

China Caixin Manufacturing PMI

Caixin, yang mengkompilasi indeks bulanan dengan perusahaan riset Markit Economics, mengatakan kondisi operasional di pabrik-pabrik Tiongkok  terus memburuk pada bulan Desember, yang dibuktikan dengan penurunan subindex  produksi, pesanan baru dan pesanan ekspor baru.

Buruknya kondisi pabrikan swasta negeri ini juga disebabkan anjloknya harga produk-produk komoditas pasca jatuhnya harga minyak mentah dunia sangat signifikan di bulan terakhir tahun lalu.

Menghadapi kondisi yang sulit ini,  produsen mengurangi  kembali tenaga kerjanya dan membeli bahan baku yang lebih sedikit. Penurunan indeks periode akhir tahun lalu mensinyalkan   ekonomi Tiongkok sedang menghadapi risiko pelemahan yang lebih besar.

 

 

H Bara/VM/BNV/ Analyst at Vibiz Research Center
Edior: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here