Utang Warga Inggris di Bank Terbesar Dalam 7 Tahun

356

Pada bulan November tahun lalu, pinjaman warga Inggris di bank alami kenaikan  dibandingkan bulan sebelumnya bahkan nilai pinjaman pada bulan tersebut merupakan pinjaman  tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun. Peningkatan pinjaman ini memberikan penilaian yang positif terhadap prospek ekonomi bangsa tersebut namun memberikan kekhawatiran bagi otoritas moneter akan meningkatnya utang. 

Data dari bank sentral Inggris (BOE) hari ini menunjukkan pinjaman warga Inggris pada bulan November sebesar GBP5.4 miliar ($ 7960000000)  setelah dikurangi pembayaran, merupakan kenaikan bulanan terbesar dalam penyaluran kredit sejak April 2008.

Peningkatan pinjaman  tersebut didorong oleh kenaikan pada  pinjaman hipotek dan pinjaman tanpa jaminan, yang keduanya juga mencapai tertinggi dalam tujuh tahun. Namun untuk pinjaman oleh perusahaan-perusahaan menunjukkan penurunan, pinjaman  perusahaan-perusahaan non-keuangan turun pada bulan tersebut menjadi GBP878 juta, yang didorong oleh pelunasan  pinjaman oleh perusahaan-perusahaan yang lebih besar.

Kenaikan pinjaman warga negara kerajaan Inggris ini menunjukkan meningkatnya kepercayaan konsumen, dan menunjukkan pasar perumahan dan belanja konsumen mensupport pertumbuhan ekonomi Namun perlu digarisbawahi bahwa Inggris semakin bertambah dalam utang lagi setelah bertahun-tahun berusaha memangkas  pinjaman.

Para pembuat kebijakan moneter negeri tersebut telah berusaha untuk mencegah pertumbuhan kredit yang dapat mengancam perekonomian dengan menggunakan alat “makroprudensial” baru yang dirancang untuk memastikan bank tidak membagikan terlalu banyak pinjaman berisiko. 

Dan sebagai informasi, pejabat BOE yang dipimpin oleh Gubernur Mark Carney telah mengisyaratkan mereka tidak akan terburu-buru untuk menaikkan suku di Inggris selama inflasi tetap terjaga. Inflasi tahunan mendekati nol  spanjang tahun 2015, jauh di bawah target BOE 2%.

H Bara/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here