Amerika Alami Kontraksi Belanja Konstruksi Pertama Dalam 16 Bulan

464

Sepanjang tahun 2015 pembangunan sektor konstruksi di Amerika Serikat meningkat dibandingkan pembangunan tahun 2014, namun jika dilihat realisasi belanja setiap bulannya pembangunan konstruksi negeri tersebut hanya terlihat bertumbuh pada enam bulan pertama (lihat grafik). Bulan-bulan berikutnya terus menurun hingga terjadi kontraksi pada bulan November lalu.

Departemen Perdagangan AS semalam umumkan belanja konstruksi di negeri tersebut secara tak terduga menurun pada bulan November, pasalnya bulan sebelumnya belanja konstruksi masih dalam peningkatan 0,3 persen. Belanja konstruksi bulan November turun 0.4 persen ke tingkat tahunan sebesar US$ 1,123 triliun pada November dari belanja Oktober US$ 1,127 triliun. 

Meskipun terjadi penurunan pada belanja konstruksi bulanan, Departemen Perdagangan mencatat total belanja konstruksi hingga bulan November naik sebesar 10,7 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

United States Construction Spending

Penurunan belanja yang tak terduga tersebut sebagian karena penurunan tajam dalam pengeluaran pada konstruksi publik, yang merosot 1,0 persen ke tingkat tahunan sebesar US$ 294.3 miliar. Pengeluaran untuk konstruksi negara bagian dan lokal tergelincir 0,4 persen ke tingkat US$ 270.3 miliar, sedangkan belanja konstruksi pemerintah federal anjlok 7,2 persen ke tingkat US$ 24,0 miliar.

Departemen Perdagangan juga laporkan belanja konstruksi swasta  turun tipis sebesar 0,2 persen menjadi tingkat tahunan sebesar US$ 828.2 miliar. Untuk pengeluaran konstruksi non-perumahan turun 0,7 persen ke tingkat $ 400.3 miliar, sedangkan belanja konstruksi perumahan naik 0,3 persen ke tingkat US$ 427.9 miliar.

 

H Bara/VMN/VBN/Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here