Bisnis Mobil Jepang Capai Omset Tertinggi Dalam 6 Bulan

274

Kinerja bisnis pabrikan di Jepang seperti yang diumumkan Markit hari Senin (4/01) masih stabil di posisi tertinggi sejak bulan Maret 2014 tercermin juga dari industri mobil negeri tersebut. Asosiasi pabrikan mobil Jepang hari Selasa (5/01) umumkan penjualan mobil di Jepang pada bulan terakhir tahun 2015 berhasil melonjak dan merupakan penjualan terlaris dalam 6 bulan terakhir.

Sebelumnya pabrikan mobil di Jepang sudah lama mengeluh akan penjualan produk mereka setiap bulan yang terus menurun akibat pelemahan nilai tukar Yen terhadap dollar AS. Namun pada bulan Desember lalu omset pabrikan tersebut meningkat kembali pasca penguatan nilai tukar Yen, yang dipicu oleh kondisi ekonomi yang deflasi sejak bulan Oktober.

Japan Automobile Dealers Association umumkan bahwa penjualan mobil negeri tersebut meningkat 3,1 persen dari tahun lalu di bulan Desember dan meningkat dari penjualan yang hanya naik  0,3 persen pada bulan  November.

Penjualan mobil mencapai 239.084 unit pada bulan Desember lalu, namun  penjualan mobil sepanjang tahun 2015 alami penurunan dibandingkan dengan tahun 2014. Omset pabrikan mobil tahun 2015 menurun dengan penjualan  drop 4,2 persen.

Lonjakan penjualan mobil negeri sakura ini memberikan support bagi pemerintahan Shinzo Abe yang sedang berjuang meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara tersebut yang alami pukulan sepanjang tahun 2015.

 

 

H Bara/VM/VBN/ Senior Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here