Bursa Eropa Dibuka Menguat Terdorong Stimulus Bank Sentral Tiongkok

306

Bursa saham Eropa dibuka menguat pada pembukaan perdagangan Selasa (05/01), setelah bank sentral China menambahkan 130 miliar yuan ($ 19,9 miliar) ke dalam sistem keuangan.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 diperdagangkan 0,7 persen lebih tinggi.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.132,89, naik 39,46 poin atau 0,65%

Indeks DAX berada pada posisi 10.308,23, naik 24,79 poin atau 0,24%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.529,46, naik 7.01 poin atau 0,16%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.354,70, naik 41.50 poin atau 0,45%

Terkait anjoknya bursa Tiongkok Senin kemarin, maka dalam upaya untuk menenangkan pasar, bank sentral Tiongkok menyuntikkan 130 miliar yuan ($ 19,9 miliar) dana jangka pendek ke dalam sistem keuangan negara. Namun, saham Tiongkok masih terombang-ambing antara keuntungan dan kerugian.

Dalam perdagangan saham, saham Oranye dan saham Bouygues dalam fokus setelah oranye dikonfirmasi dalam pembicaraan dengan Bouygues untuk membeli Unit telekomunikasi tersebut. Saham kedua perusahaan menguat dan juga mendorong saham-saham sektor ini. Saham Numericable-SFR melonjak lebih dari 6 persen sementara saham Altice juga naik tajam. Saham perusahaan Prancis, Iliad juga di wilayah positif.

Saham perusahaan rantai supermarket Tesco Inggris adalah salah satu pemain top di STOXX 600 setelah Deutsche Bank menaikkan outlook pada saham dari “menahan” untuk “membeli”.

Sementara itu, saham perusahaan peritel pakaian Inggris, Next melaporkan penjualan kuartal keempat yang mengecewakan disebabkan cuaca sangat hangat di bulan November dan Desember, membuat saham melemah tajam.

Saham produsen mobil Jerman Volkswagen berada di wilayah negatif setelah Departemen Kehakiman AS menggugat perusahaan karena diduga melakukan kecurangan uji emisi dengan menginstal software khusus.

Intervensi Bank Rakyat China (PBoC) membantu mendorong harga logam sedikit lebih tinggi, mendorong sektor sumber daya dasar setelah turun pada hari Senin. Saham Glencore, saham Anglo American dan saham Boliden adalah top gainers di sektor ini.

Investor juga mengawasi hubungan antara Arab Saudi dan Iran. Duta Besar Arab Saudi untuk PBB, Abdullah Al-Mouallimi, mengatakan pada hari Senin bahwa keputusan kerajaan untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran tidak akan mempengaruhi upaya sendiri untuk mengamankan perdamaian di Suriah dan Yaman, Reuters melaporkan. Pada hari Senin, Gedung Putih mendesak Arab Saudi dan Iran untuk menahan diri sehingga krisis tidak berkembang.

Sore hari ini akan dirilis beberapa data indikator ekonomi kawasan Eropa.

Inflation Rate (YoY) Flash Desember, diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada 0.4%, meningkat dari hasil sebelumnya pada 0.2%

Core Inflation Rate (YoY) Flash Desember, diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan berada pada 0.9%, sama dengan hasil sebelumnya pada 0.9%

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan bergerak menguat terbatas merespon hasil indkator ekonomi dan stimulus pemerintah Tiongkok. Namun bisa terus melanjutkan pelemahan jika harga minyak anjlok.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here