Rupiah Selasa Bangkit Dari 7 Hari Pelemahan Berturut

196

Mengakhiri perdagangan pasar valas tanah air hari kedua tahun 2016 (5/01), kurs Rupiah berhasil rebound atau bangkit dari pelemahan terhadap dollar AS dalam 7 hari perdagangan berturut sejak pekan terakhir tahun 2015. Kekuatan yang didapat Rupiah hari ini sudah dimulai pada jam pertama perdagangan awal pasca prestasi pertumbuhan ekonomi tanah air di tahun 2015.

Prestasi tersebut terlihat dari laporan tingkat inflasi awal pekan oleh BPS yang menunjukkan tingkat inflasi tahunan berhasil capai target BI dan pemerintah dibawah 5 persen, tingkat inflasi tahun 2015 hanya naik 3,35 persen.

Ditengah kekhawatiran pasar global 2 hari terakhir, Rupiah berhasil dilirik oleh pasar global dan terangkat cukup tinggi dari pelemahan perdagangan sebelumnya. Kenaikan nilai mata uang Rupiah terhadap dollar juga mengundang asing terus pertahankan aksi belinya di bursa saham. 

Mengakhiri perdagangan saham sore tadi, net buy yang terjadi di bursa mencapai  Rp72 miliar lebih. Aksi asing tersebut turut mengangkat indeks harga saham gabungan tetap di zona hijau  yang menguat 0,7 persen dari perdagangan sebelumnya  ke  posisi 4558.

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS perdagangan sore  ini terpantau  terkoreksi naik dari perdagangan sesi Asia yang menurun dari rally 2 hari yang sudah terbentuk. Sepinya data fundamental malam ini masih mampu membuat dollar diminati oleh sentimen yang terjadi di pasar global.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini naik  0,37% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13892/US$ setelah sempat dibuka lemah pada level Rp13963/US$. Demikian kurs transaksi  yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini melemah ke 14001  dari hari sebelumnya 13967   hari Senin (4/01).

Namun untuk pergerakan kurs Rupiah keesokan harinya, Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah berpotensi alami penguatan lanjutan  oleh sentimen prospek ekonomi tanah air.

 

 

 

Joel/VM/VBN/ Analyst at Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here