Yen Sesi Eropa Lanjutkan Rally Oleh Pemburuan Safe Haven

652

Pergerakan kurs Yen perdagangan awal sesi Asia pagi tadi sempat terkoreksi, namun jelang perdagangan sesi Amerika malam ini kurs berhasil naik kembali terangkat oleh pengalihan aset beresiko pasar global ke safe haven pasca tingginya tensi geopolitik di Timur Tengah dan kekhawatiran krisis ekonomi global.

Di kawasan Timur Tengah terpantau beberapa negara yang dipelopori Arab Saudi memutuskan hubungan dengan negara Iran, sedangkan kekhawatiran ekonomi global dipicu oleh kondisi ekonomi dan investasi di Tiongkok. Ancaman dari Tiongkok tersebut terjadi kemarin setelah  data PMI manufaktur yang dirilis oleh Caixin dan Markit  menunjukkan kontraksi data lanjutan. 

Dari sisi pergerakan indeks dollar AS perdagangan sore  ini terpantau  terkoreksi naik dari perdagangan sesi Asia yang menurun dari rally 2 hari yang sudah terbentuk. Sepinya data fundamental malam ini masih mampu membuat dollar diminati oleh sentimen yang terjadi di pasar global diatas. 

Pergerakan kurs yen  di  sesi Eropa (11:15:35 GMT) menguat  terhadap dollar AS,  USDJPY dibuka lemah  pada  119,46  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  yen naik  36 pips  atau 0,3% dan nilai pair bergulir  berada pada 119,10.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  nanti, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY  terus turun  ke kisaran 118,60, namun jika tidak berhasil tembus maka akan terjadi koreksi naik ke level 120.38 .

 

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here