Aktifitas Perluasan Manufaktur dan Jasa Kawasan Euro Meningkat

201

Markit Economics menyatakan kawasan euro telah memasuki tahun pertumbuhan ekonomi yang solid yang terlihat dengan perusahaan memperluas kapasitas untuk memenuhi meningkatnya permintaan.

Indeks Pembelian Manajer untuk manufaktur dan jasa secara tak terduga naik menjadi 54,3 pada Desember dari 54,2 pada bulan November, dibandingkan dengan perkiraan 16 Desember untuk penurunan ke 54, kata perusahaan yang berbasis di London. Data menunjukkan pertumbuhan di kuartal akhir 2015 adalah yang tercepat dalam 4,5 tahun, menurut laporan tersebut.

Pemulihan ekonomi di kawasan euro 19-negara adalah mengambil stimulus yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh Bank Sentral Eropa mencapai perusahaan dan rumah tangga. Sementara inflasi tetap terjebak jauh lebih dekat ke nol daripada tujuan ECB di bawah 2 persen, pinjaman bank adalah meningkat dan kepercayaan ekonomi di tingkat tertinggi dalam lebih dari empat tahun.

“Ekonomi zona euro dimulai tahun 2016 ini pada pijakan yang solid dan baik yang ditempatkan untuk menjalani tahun ekspansi yang kuat,” kata Chris Williamson, kepala ekonom di Markit. “Ini sangat menggembirakan untuk melihat perusahaan mengambil staf dalam jumlah meningkat, menunjukkan bahwa bisnis sedang mempersiapkan permintaan kuat di tahun mendatang dengan meningkatkan kapasitas.”

Tingkat Pengangguran mungkin tetap di 10,7 persen pada November, tingkat terendah dalam hampir tiga tahun, menurut survei Bloomberg menjelang laporan 7 Januari Eurostat.

Pada bulan Desember, tingkat staf naik di Jerman, Italia, Spanyol dan Irlandia dan tidak berubah di Perancis setelah tiga bulan PHK, kata Markit.

Ekonomi keempat negara mengalami ekspansi yang kuat, sementara Perancis sekali lagi menunjukkan tanda-tanda melambat. Tingkat PMI untuk manufaktur dan jasa dalam perekonomian terbesar kedua di kawasan ini merosot ke 50,1 pada Desember dari 51 di bulan November, terendah sejak Januari dan hanya di atas ambang 50 yang memisahkan ekspansi dari kontraksi.

Ekonom memprediksi perekonomian kawasan euro tumbuh 0,4 persen dari Oktober sampai Desember. Eurostat akan mempublikasikan data pertama pada 12 Februari

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here