Bisnis 5000 Perusahaan di Eropa Akhir Tahun Melaju Cepat

309

Untuk mengetahui kondisi bisnis perusahaan-perusahaan swasta di kawasan Euro yang terdiri dari 19 negara Eropa pada bulan terakhir tahun 2015, Markit Economics meluncurkan data survey bulanan terhadap 5000 perusahaan swasta di negara anggota kawasan Euro hari Rabu (6/01). Dan dari laporan tersebut kinerja bisnis perusahaan-perusahaan baik sektor jasa maupun manufaktur pada bulan Desember melaju dengan cepat lebih dari yang diperkirakan.

Aktivitas bisnis  sektor swasta zona euro berkembang dengan  cepatnya berdasarkan indeks output komposit yang naik ke posisi  54,3 pada bulan Desember, lebih tinggi dari posisi  54,2 pada bulan November.

Euro Area Composite PMI

Dari grafik diatas dapat dilihat kinerja bisnis 5000 perusahaan tersebut menunjukkan pemulihan yang cepat setelah sempat ambruk di awal tahun. Skor indeks pada bulan Desember juga menunjukkan telah terjadi ekspansi untuk 30 bulan berturut-turut. 

Ekspansifnya bisnis  sektor swasta di bulan Desember paling banyak disumbang oleh mantapnya kinerja bisnis di Jerman, Perancis, Italia, Spanyol dan Irlandia. Pertumbuhan output yang tercatat solid untuk sektor manufaktur dan jasa tercatat  pertama kalinya sejak November 2014.

 

 

H Bara/VMN/VB/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here