Bisnis Sektor Jasa Jepang Akhir Tahun Masih Ekspansif

250

Mengikuti kinerja bisnis sektor manufaktur yang masih terus ekspansif hingga bulan terakhir tahun 2015 lalu, bisnis sektor jasa di Jepang juga alami pertumbuhan kinerja di bulan yang sama seperti yang diumumkan harian Nikkei dan Markit hari Rabu pagi (6/01) meskipun berkurang dari ekspansif bulan sebelumnya. Selain itu juga diumumkan kinerja bisnis swasta kedua sektor pada bulan Desember yang masih di level pertumbuhan.

Ekspansi kinerja sektor jasa Jepang bulan Desember lalu naik ke posisi 51,5, indeks yang lebih rendah dari bulan November di posisi 51,6 indeks poin.  Ekspansi sektor jasa ini disupport oleh orderan bisnis baru yang mencetak skor lebih tinggi dalam 4 bulan terakhir pada bulan Desember lalu.

Japan Services PMI

Selain terjadi peningkatan dalam bisnis baru juga terjadi pertambahan tenaga kerja  untuk pertama kalinya dalam tiga bulan dan pada tingkat paling tajam sejak September 2014. Data survei terbaru juga mengisyaratkan hasil yang positif bagi pertumbuhan aktivitas masa depan, dengan sentimen bisnis tertinggi  sejak Agustus.

Salah satu yang memicu terjadi peningkatan di sektor ini adalah persiapan Jepang menjadi tuan rumah Olimpiade musim dingin yang menyerap banyak proyek jasa. Dan proyek-proyek  baru tersebut akan menyerap tenaga kerja baru sehingga tingkat pengangguran negeri tersebut akan semakin menyusut. Pada bulan November  lalu   tingkat pengangguran Jepang naik  menjadi 3,3 persen dari bulan sebelumnya di 3,1 persen.

 

 

H Bara/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here